Pilpres 2019

Polisi Telusuri Penyandang Dana Kasus Hoaks Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos

polisi masih terus memeriksa dan mendalami keterangan tersangka Bagus Bawana Putra (51), kreator atau pembuat konten hoaks 7 kontainer surat suara ter

Polisi Telusuri Penyandang Dana Kasus Hoaks Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri. 

KEPALA Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, polisi masih terus memeriksa dan mendalami keterangan tersangka Bagus Bawana Putra (51), kreator atau pembuat konten hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos, yang kini ditahan di Direktorat Cyber Mabes Polri.

Hal itu, kata Dedi, untuk mengungkap kemungkinan adanya penyandang dana dan aktor intelektual di balik kasus ini.

"Jadi keterangan tersangka BBP ini sangat penting sehingga masih didalami. Sebab dari keterangan dan penelusuran bukan tidak mungkin bisa diketahui siapa aktor intelektualnya termasuk penyandang dananya juga," kata Dedi di Mabes Polri, Kamis (10/1/2019).

Selain itu, kata Dedi Prasetyo, dari keterangan dan pemeriksaan terhadap Bagus dapat juga diketahui siapa pelaku lainnya yang berperan sebagai penyebar dan penerus konten hoaks yang dibuat Bagus.

"Serta kemungkinan ada pelaku lainnya yang ikut menyebarkan masih didalami juga. Jadi pemeriksaan belum selesai," kata Dedi Prasetyo.

Dedi mengatakan, sangat kuat dugaan adanya aktor intelektual di balik pembuatan dan penyebaran hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos yang diinisiasi Bagus Bawana Putra, warga Bekasi, Jawa Barat tersebut.

Namun, kata Dedi Prasetyo, masih diperlukan pembuktian dan pendalaman lagi, untuk memastikannnya.

"Karenanya ini masih kami kembangkan," kata Dedi.

Yang pasti, kata Dedi, saat ini Bagus Bawana Putra dipastikan membuat sendiri rekaman suara dan narasi hoaks soal 7 kontainer surat suara tercoblos itu.

Selain itu, kata Dedi, polisi masih mendalami dulu motif tersangka membuat konten hoaks berupa narasi dan rekaman suara itu.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved