Pelayanan LRT Jakarta Diklaim Bakal Sekelas Hotel Bintang Lima

Sebanyak 20 pegawai light rail transit (LRT) Jakarta pada bagian pelayanan mengikuti program magang di Transjakarta.

Pelayanan LRT Jakarta Diklaim Bakal Sekelas Hotel Bintang Lima
Warta Kota/Adhy Kelana
Seorang pekerja tengah memasang marmer untuk shelter Light Rail Transit (LRT) di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (7/1/2019). 

WARTA KOTA, KELAPA GADING--- Sebanyak 20 pegawai light rail transit (LRT) Jakarta pada bagian pelayanan mengikuti program magang di Transjakarta.

Bahkan pegawai berpengalaman pun direkrut demi memberikan pelayanan sekelas hotel bintang lima.

Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono, mengatakan, program magang tersebut berlangsung lima hari hingga Selasa (15/1/2019).

Nantinya para pegawai selain teori juga akan belajar praktek memberikan pelayanan maksimal.

"Kami studi banding, magang, langsung praktik. Kami belajar teorinya, kami langsung terjun ke halte-halte, terminalnya Transjakarta. Kami belajar dari pengalaman mereka bagaimana melayani dengan hati," kata Allan, Kamis (10/1/2019).

Menurut Allan, hal itu juga untuk mempelajari kebiasaan dan karakteristik para pengguna bus Transjakarta karena nantinya akan ada banyak dari mereka yang pindah dan naik LRT Jakarta.

"Kami akan ada program integrasi di Velodrome, yang akan bisa membawa warga Kelapa Gading, Pulomas ke Sudirman dibawah satu jam dengan transportasi publik yang nyaman, AC. itu yang kami kejar, dibawah satu jam," ucapnya.

Nantinya para pegawai di bagian pelayanan itu akan dipimpin langsung manajer pelayanan yang mempunyai latar belakang dari perhotelan.

Langkah itu diklaim Allan sebagai sesuatu yang berbeda dibanding operator sejenis.

"Yang kami lakukan yaitu merekrut SDM dari perhotelan dan manajer pelayanan kami, service quality manager, itu dulu kerja di Hotel Marriot. Jadi sekelas bintang lima, nah itu yang dia lakukan," katanya.

Sehingga para pegawai pada bagian pelayanan itu mendapat training bagaimana melayani penumpang LRT Jakarta seperti halnya staf pelayanan hotel bintang lima melayani para tamu.

Adapun untuk posisi masinis LRT Jakarta saat ini sudah mencapai 27 orang.

Sementara pada saat tahap awal pengoperasian, nantinya ada sebanyak 221 orang dari berbagai posisi melayani para penumpang.

Pembangunan Sudah Rampung 97 Persen, LRT Jakarta Siap Beroperasi Akhir Februari

Jakpro Canangkan Gerakan Seribu Beton Sejuta Pohon di Depo LRT Jakarta Seluas 5 Hektar

Tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome Rp 10.800 Belum Termasuk Subsidi

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved