Operasi Pasar, Bulog Menyiapkan 112 Truk Beras

Bulog mengintruksikan kepada seluruh divre untuk melaksakan kegiatan operasi pasar dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga.

Operasi Pasar, Bulog Menyiapkan 112 Truk Beras
Kompas TV
Budi Waseso 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Bulog mengintruksikan kepada seluruh divre untuk melaksakan kegiatan operasi pasar dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) beras medium.

Ada 112 truk beras yang akan dipasok ke daerah-daerah yang bukan merupakan sentra panen di seluruh Indonesia melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta melalui Distributor.

Bulog juga bekerja sama dengan satgas pangan Polri untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan KPSH beras medium ini guna menghindari penyimpangan di lapangan.

"Sesuai dengan keputusan Ratas (rapat terbatas), perkembangan harga beras yang mengalami trend kenaikan jelang awal tahun 2019, Pemerintah menugaskan Bulog untuk melakukan intervensi pasar secara massive melalui kegiatan OP-CBP selama 3 bulan kedepan dimulai dari bulan Januari 2019," ujar Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, di Gudang Bulog DKI-Banten, Jakarta Utara, Kamis (10/1/2019).

Realisasi kegiatan KPSH pada tahun 2018 mencapai 544.649 ton, merupakan angka realisasi operasi pasar beras CBP tertinggi selama 10 tahun terakhir.

Khusus Bulog divre DKI Jakarta dan Banten realisasi KPSH tahun 2018 sebesar 64.668 ton.

Realisasi KPSH di tahun 2019, hingga saat ini sebesar 37.017 ton dengan rata-rata realisasi per hari sebesar 7.000-8.000 ton dan akan terus ditingkatkan dengan target 15.000 ton per hari.

Realisasi KPSH tahun 2019 Bulog hingga saat ini sebesar 8.573 ton yang dilaksanakan di 44 pasar termasuk didalamnya pasar pencatatan BPS di Jakarta.

“Kami sadar, bahwa keberhasilan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di setiap daerah akan tercipta bila dilakukan secara bersama dengan dukungan seluruh pihak, terutama dari pemerintah daerah, dinas terkait, aparat terkait dan para pelaku pasar,” kata Budi Waseso.

Bulog Alokasikan Cadangan Beras untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Bulog: Kalau Ada Surplus Jagung Pasti Diserap

Tekan Harga Beras, Bulog Diminta Pakai Strategi yang Tepat

Kontan.co.id/Kiki Safitri
Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Sebanyak 112 truk beras dikerahkan untuk operasi pasar

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved