Kereta Kepresidenan Korut Tinggalkan China setelah Kim Jong Un Bertemu Xi Jinping

KERETA yang ditumpangi Pemimpin Korea Utara ( Korut ) Kim Jong Un dilaporkan telah meninggalkan China pada Rabu (9/1/2019) siang.

Kereta Kepresidenan Korut Tinggalkan China setelah Kim Jong Un Bertemu Xi Jinping
AFP/Greg Baker via Kompas.com
Kereta yang mengangkut Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un beserta istri dan rombongannya meninggalkan Beijing, China, pada 9 Januari 2019. 

KERETA yang ditumpangi Pemimpin Korea Utara ( Korut ) Kim Jong Un dilaporkan telah meninggalkan China pada Rabu (9/1/2019) siang.

Diwartakan Yonhap, kereta khusus berwarna hijau itu meninggalkan stasiun Beijing pukul 14.08 waktu setempat, dan diperkirakan sampai di Pyongyang Kamis pagi (10/1/2019).

Sebelum meninggalkan China, Kim masih sempat mengunjungi pabrik farmasi yang dioperasikan Tong Ren Tang selama 20-30 menit.

Kim Jong Un Ancam AS Soal Denuklirisasi, Donald Trump: Saya Nantikan Pertemuan dengan Kim

Dubes Korut di Roma Membelot dan Minta Suaka ke Salah Satu Negara Barat

Pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu ditemani istrinya, Ri Sol Ju, dan sejumlah petinggi level atas negeri komunis tersebut.

Di antara sang adik Kim Yo Jong, juga hadir tangan kanannya, Kim Yong Chol, Menteri Pertahanan No Kwang Chol, dan Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho.

Kim mengunjungi China untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping pada Selasa (8/1/2019) yang diyakini bertepatan dengan ulang tahun ke-35.

AFP memberitakan, Kim bertemu Xi selama satu jam yang kemudian dilanjutkan makan malam bersama istri mereka di Aula Agung Rakyat China.

Kunjungan keempat Kim dilaporkan ada hubungannya dengan rencana pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Adapun Trump berkata Minggu (6/1/2019) bahwa Washington dan Korut tengah bernegosiasi untuk menentukan tempat pertemuan mereka.

Komentator politik Hua Po mengatakan, Kim meminta solusi Xi dalam rangka menangkal tekanan tinggi yang diterapkan oleh AS.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved