Da'i Berperan Meredam Gejolak Umat Lebih Kondusif dalam Tahun Politik 2019

Para da'i bisa berperan dalam meredam gejolak masyarakat dalam menghadapi tahun politik 2019 agar lebih kondusif.

Da'i Berperan Meredam Gejolak Umat Lebih Kondusif dalam Tahun Politik 2019
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin 

WARTA KOTA, TANGERANG --- Para da'i bisa berperan dalam meredam gejolak masyarakat dalam menghadapi tahun politik 2019 agar lebih kondusif.

Hal itu dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin saat 'Silaturahmi Da'i Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), di Ruang Al Amanah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (10/1/2019).

Acara yang digelar Polrestro Tangerang tersebut juga dihadiri  Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kapolrestro Tangerang Kombes Harry Kurniawan, Dandim 0506 Faisol Izuddin dan Dandim 0510 Yogi Muhamanto, dan 766 da'i.

Sachrudin Ingatkan Emak - emak di Tangerang Harus Banyak Bersyukur

 "Dengan adanya para da'i yang terjun langsung ke masyarakat diharapkan bisa menjadi peredam agar tidak terjadi gesekan-gesekan di masyarakat terkait Pilpres 2019," ucap Sachrudin.

 Sachrudin mengatakan, Kota Tangerang cenderung kondusif. Meskipun begitu, kata Sachrudin, langkah-langkah antisipatif perlu disiapkan untuk meminimalisir kemungkinan yang akan terjadi.

 "Ujaran kebencian dan berita yang provokatif sekarang sudah banyak beredar sehingga harus diwaspadai," katanya.

"Para Da'i bisa turut berperan serta dalam menanggulanginya seperti mengingatkan warga agar hati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi."

Pedagang Kaki Lima Pasar Anyar Serobot Trotoar di Tangerang Bikin Sachrudin Berang

"Salah satu cara yang bisa dilakukan ya lewat ceramah-ceramah keagamaan, tapi ceramahnya juga jangan provokatif," ujar Sachrudin.

Sementara itu, Kapolrestro Tangerang Kombes Harry Kurniawan mengatakan, para ulama senantiasa bisa menjalankan peran sebagai penyejuk umat.

"Apapun yang terjadi bahkan hingga dinamika pesta demokrasi meningkat, jangan sampai memisahkan umat," ucap Harry Kurniawan.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved