VIDEO: Papan Peringatan Dipasang, Warga Diharap Tidak Dekati Tumpukan Limbah Beracun di Marunda

DILARANG melakukan aktivitas/memindahkan limbah. Ancaman pidana (Pasal 183 UU 32/2009 dan PP 101/2014).

Para petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta memasang plang khusus di lokasi gundukan tanah diduga limbah di Jalan Marunda Pulo tepatnya di dekat SDN Marunda 02 Pagi, Cilincing, Jakarta Utara.

Pada plang itu tertulis lokasi ini dalam pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. DILARANG melakukan aktivitas/memindahkan limbah. Ancaman pidana (Pasal 183 UU 32/2009 dan PP 101/2014).

Kepala Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum Dinas LH DKI Jakarta Mudarisin mengatakan kegiatan tersebut bekerjasama dengan unsur terkait lainnya seperti unsur Kelurahan Marunda dan Koramil Cilincing.

“Kita pengamanan material yang diduga ini adalah SBE (Spent Bleaching Earth) yang kemungkinan berasal dari beberapa perusahaan yang berada di sekitar lokasi ini,” ungkapnya, Rabu (9/1).

Menurut Mudarisin, gundukan tanah tersebut diduga limbah sehingga dibutuhkan pengawasan yang lebih ketat daripada biasanya. Hanya saja untuk memastikan kebenarannya, masih harus dilakukan penelitian.

“Kita masih dalam penelitian di laboratorium, nanti setelah diketahui bahwa ini adalah limbah, baru kita lakukan proses selanjutnya. Tetapi hari ini baru kita mengamankan agar barang ini tidak lari kemana-mana,” ucapnya.

Diperkirakan hasil laboratorium gundukan tanah diduga limbah tersebut baru akan keluar satu minggu depan. Sehingga tindakan saat ini lebih difokuskan kepada pengawasan di lokasi.

Selain di Jalan Marunda Pulo, plang serupa juga dipasang di titik lainnya di Jalan Akses Rusun serta di Blok A dan Blok B Rusun Marunda yang juga ditemukan gundukan tanah diduga limbah. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved