Pilpres 2019

Prabowo Berniat Bentuk Kementerian Khusus Bencana Alam Jika Terpilih Jadi Presiden

Menurut Ketua Umum Partai Gerindra itu, pemerintah harus berpikir panjang dalam menghadapi bencana.

Prabowo Berniat Bentuk Kementerian Khusus Bencana Alam Jika Terpilih Jadi Presiden
Dok Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga
Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto saat bertemu dengan para korban bencana, kader Partai Gerindra, simpatisan dan relawan di Hotel Santika, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (8/1/2019). 

CALON presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berniat membentuk kementerian baru yang khusus menangani masalah bencana alam, jika menang Pilpres 2019.

Kondisi geografis Indonesia yang rawan bencana, menjadi pertimbangan Prabowo Subianto membentuk kementerian khusus bencana. Sehingga, menurutnya diperlukan lembaga khusus untuk mengantisipasi serta menanggulangi bencana.

"Kita sedang berpikir ke arah situ (membentuk kementerian khusus menangani bencana alam), karena banyak negara yang punya badan khusus seperti itu. Saya kira kita sedang berpikir seperti itu, karena kawasan kita seperti ini (rawan bencana), jadi kita harus siap," tutur Prabowo Subianto, seusai meninjau korban gempa di Desa Mpanau, Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (8/1/2019).

Diturunkan Pertamina, Segini Harga Baru Pertalite dan Pertamax

Menurut Ketua Umum Partai Gerindra itu, pemerintah harus berpikir panjang dalam menghadapi bencana. Sehingga, korban atau kerugian bisa diminimalisir, dan penanggulangan bencana dapat dilakukan secepat mungkin.

"Kita tinggal di suatu kawasan yang harus siap menghadapi bencana, karena itu tentunya kita harus berpikir jauh ke depan. Kita harus menyiapkan sarana dan sumber daya kita, supaya kita lebih siap menghadapi bencana dan bisa cepat membantu rakyat," paparnya.

Prabowo Subianto yang mengenakan pakaian safari warna khaki tersebut berkeliling di 24 tenda pengungsian bantuan Partai Gerindra, yang dihuni oleh 196 jiwa.

Ferdinand Hutahaean Buang Piagam dan Piala Kebohongan untuk Andi Arief dan Siap Polisikan PSI

Prabowo Subianto yang ditemani Ketua Partai Gerindra Sulawesi Tengah yang juga menjabat Gubernur setempat, Longki Djanggola, mendatangi tenda pengungsi satu per satu dan menanyakan kondisi mereka.

"Bapak harus kuat dan sabar, bapak harus bangkit," kata Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga meninjau lokasi dapur serta MCK yang didirikan oleh Garudayaksa. Sanitasi dan air bersih masih menjadi masalah bagi pengungsi saat ini.

Ahmad Dhani: Andi Arief Pasti Dicari-cari Kesalahannya Pakai Pasal Geregetan

Prabowo Subianto lantas melihat proses trauma healing kepada anak anak yang menjadi korban gempa dan tsunami yang menewaskan lebih dari seribu jiwa itu.

Mantan Danjen Koppasus itu pun menanyakan kondisi kesehatan kepada sejumlah tenaga medis yang bertugas di lokasi pengungsian, mulai dari keluhan kesehatan pengungsi, hingga penyakit yang banyak diderita warga.

Sambil berjalan meninjau kamp pengungsian, Prabowo Subianto menilai warga Palu, Sigi, dan Donggala sangat kuat dan kompak. Sehingga, ia yakin warga Palu yang menjadi korban gempa akan cepat bangkit.

Guru Besar FISIP UI Arbi Sanit: Tes Baca Alquran untuk Capres-Cawapres Melawan Pancasila

"Ya tentunya kita prihatin, kita juga lihat tadi semangat rakyat masih tinggi menjaga kekompakan. Ini sebuah unsur upaya kerja sama, inilah rakyat Indonesia, inilah gotong royong Republik Indonesia, kita bersama sama mengatasi masalah," ucapnya.

Seusai meninju lokasi, Prabowo Subianto kemudian bersalaman dan berfoto bersama warga setempat. Prabowo Subianto bahkan diarak meninggalkan lokasi pengungsian. Pantauan Tribunnews, Prabowo Subianto berdiri dari dalam mobilnya melambaikan tangan meninggalkan lokasi. (Taufik Ismail)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved