Pemerintah Kota Bekasi Mengakui Sumbang Sampah ke Kali Pisang Batu di Kabupaten Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi mengakui tumpukan sampah yang terjadi di Kali Pisang Batu sebagian berasal dari Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi Mengakui Sumbang Sampah ke Kali Pisang Batu di Kabupaten Bekasi
Warta Kota/Muhamad Azzam
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Pemerintah Kota Bekasi mengakui tumpukan sampah yang terjadi di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sebagian sampahnya berasal dari Kota Bekasi.

Hal tersebut diakui Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, kepada Warta Kota di Markas Kodim Kota Bekasi, Rabu (9/1/2019).

"Ribuan kubik tumpukan sampah di Kali Pisang Batu dari Kota Bekasi, tapi sebagian tidak seluruh sampahnya dari kami," kata Tri.

Tri mengatakan, aliran Kali Pisang Batu itu memang bersumber atau berhulu dari wilayah Kota Bekasi.

Ia menilai persoalan sampah ini memang menjadi tanggungjawab bersama, terlebih membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah di kali.

"Ini masih ada warga yang kurang sadar. Sama halnya, wilayah Kota Bekasi yang terkena imbas sampah dari Bogor di Kali Bekasi. Namanya aliran kali itu dari atas ke bawah (hulu ke hilir), hulu Kali Pisang Batu itu hulu di Kelurahan Pejuang Kota Bekasi," katanya.

Tri siap bersama-sama menangani persoalan sampah tersebut.

"Kami siap bantu terjunkan armada dan personel. Tapi sampat saat ini belum ada permintaan atau surat dari Pemerintah Kabupaten Bekasi soal itu," ujarnya.

Berdasarkan hasil penelusuran penyebab warganya membuang sampah ke kali, selain masih minimnya kesadaran, juga proses pengangkutan belum berjalan dengan baik.

Kedepannya, selain membangun kesadaran masyarakat di wilayahnya. Ia juga akan mengevaluasi dengan menyiapkan tempat pembuangan sementara (TPS) di dekat lokasi perbatasan itu.

"Kami akan siapkan TPS dan siapkan armada untuk bisa mengatur secara rutin sampah-sampah itu. Terpenting bagaimana kami seluruh pemerintah daerah sama-sama menjaga kondisi kali itu, tidak usah saling menyalahi," kata Tri.

Sampah Kali Pisang Batu Bikin Warga Tidak Berani Terima Tamu karena Malu

Tumpukan Sampah di Kali Pisang Batu Bikin Warga Tidak Bisa Tidur

Tumpukan Sampah di Kali Pisang Batu Berimbas Sumur Warga Bekasi Jadi Hitam dan Bau

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved