Pedagang Kaki Lima

Lagi Asik Jualan di Trotoar, Pedagang Cakwe di Angkut Satpol PP di Tanah Abang

"Jangan hanya angkut lapak saja, terus mereka nanti tertibkan lagi setelah beberapa jam. Kalau ada jeda, pastinya lapak pedagang muncul dengan cepat.

Lagi Asik Jualan di Trotoar, Pedagang Cakwe di Angkut Satpol PP di Tanah Abang
Warta Kota/Joko Supriyanto
Pedagang cakwe dijangkau petugas Satpol PP kerena kedapatan mangkal di area trotoar di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019). 

SETELAH Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi memerintahkan untuk melakukan penjagaan terhadap para PKL liar yang mangkal di Trotoar, sejumlah Satpol PP berjaga di sekitar Jati Bundar Tanah Abang.

Bahkan, para Satpol PP sempat menjaring pedagang cakwe yang kedapatan mangkal di area trotoar, pedagang tersebut sempat berupaya melarikan diri ketika tengah asik berjualan diatas trotoar.

Walau sempat memohon untuk tidak diangkut petugas, namun upayanya gagal hingga grobak dagangannya diangkut ke truk Satpol PP.

Tak hanya itu, petugas juga sempat melakukan penyisiran, namun beberapa pedagang asongan pun terpaksa lari menghindari jangkauan petugas.

Salah seorang petugas Satpol PP mengatakan hasil razia tersebut akan dibawa ke Gudang Cakung, Jakarta Timur.

"Barang akan kita bawa ke Gudang Cakung Jakarta Timur," kata seorang petugas di lokasi, Rabu (9/1/2019).

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, Satpol PP Jakarta Pusat jangan hanya menertibkan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL), namun harus dibarengi dengan mobilenya petugas setelah melakukan penertiban.

"Jangan hanya angkut lapak saja, terus mereka nanti tertibkan lagi setelah beberapa jam. Kalau ada jeda seperti itu, pastinya lapak pedagang muncul dengan cepat," kata Irwandi, Selasa (8/1/2019)

Menurut Irwandi, hal yang harus dilakukan Satpol PP adalah melakukan mobile dan menempatkan petugas dimana ada lapak PKL.

Tujuannya jika ada petugas yang terlihat pasti pedagang akan berfikir untuk menggelar dagangannya.

Sehingga hal tersebut dianggap efektif untuk memberikan warning kepada PKL liar yang masih mangkal disembarang tempat yang tentunya menganggu ketertiban umum.

Bahkan jika para PKL tetap tidak mengindahkan, dirinya tak segak menjangkau para PKL tersebut.

"Tempatkan petugas, jika mereka masih nekat langsung saja petugas angkut lapak PKL tersebut," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved