Kondisi Kali Bekasi Sangat Kritis, Pemkot Bekasi Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan

Pemkot Bekasi meminta pemerintah pusat turun tangan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan di Kali Bekasi yang sudah masuk tahap kritis.

Kondisi Kali Bekasi Sangat Kritis, Pemkot Bekasi Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Petugas membersihkan aliran Kali Bekasi di Jalan Unisma, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Selasa (11/12/2018). 

Kondisi Kali Bekasi semakin parah dan sangat kritis. Pasalnya, banyak titik longsor yang terjadi disepanjang Kali tersebut.

Bahkan belasan rumah terancam ambruk akibat longsor karena terkikis aliran air Kali Bekasi.

Tidak ada tanggul permanen menjadi penyebab terjadinya longsor tersebut.

Kali Bekasi merupakan tanggungjawab dan kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane ( BBWSCC) dibawah Kementerian PUPR.

Untuk itu, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto meminta Pemerintah Pusat Kementerian PUPR dalam hal ini BBWSCC melakukan penanganan menyeluruh, tidak hanya pada titik yang terkena longsor saja.

"Penanganannya harusnya di laksanakan secara konferhensif karena memang kondisi Kali Bekasi harus kita akui sangat kritis. Kita tahu BBWSCC andalkan kuncuran dana dari Pemerintah Pusat untuk penanganan Kali Bekasi ini," katanya di Kantor Pemkot Bekasi, Rabu (9/1/2019).

Ia mencatat dalam satu bulan ini, setidak ada tiga titik longsor yang baru terjadi.

Semua titik itu berada didekat pemukiman warga, seperti di Sepanjang Jaya Kecamatan Rawalumbu, Margamulya Kecamatan Bekasi Utara dan Perumahan Kemang Pratama Kecamatan Rawalumbu.

Kondisi itu tentunya, kata Tri dapat mengancam keselamatan warga yang tinggal dilokasi tersebut.

Ia khawatir jika tanah milik warga yang ada di bantaran kali tidak segera diperbaiki maka akan habis terkikis habis oleh aliran kali.

Kerusakan tanggul Kali Bekasi di Perumahan Kemang Pratama 1, Jalan Expres Raya, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu semakin meluas setelah ambrol dibagian titik lain, pada Rabu (2/1/2019).
Kerusakan tanggul Kali Bekasi di Perumahan Kemang Pratama 1, Jalan Expres Raya, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu semakin meluas setelah ambrol dibagian titik lain, pada Rabu (2/1/2019). (Warta Kota/Muhammad Azzam)
Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved