Depok Bayar Rp 98 Juta Per Hari untuk Buang Sampah ke Wilayah Tetangga

Sebelum ini, telah disepakati tarif pembuangan sampah ke TPPAS Luna adalah Rp 138.000 per ton.

Depok Bayar Rp 98 Juta Per Hari untuk Buang Sampah ke Wilayah Tetangga
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi lokasi pembuangan sampah. 

Pemerintah Kota Depok berencana membuang sebagian sampah ke wilayah tetangga, tepatnya Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo (Luna) di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai tahun ini.

Pilihan untuk membuang sampah ke TPPAS Luna diambil karena kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung milik Kota Depok, seluas 11 hektar, telah melebihi kapasitas (overload).

Meski demikian, pembuangan sampah ke TPPAS Luna, meski sama-sama berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, tidak gratis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, telah disepakati tarif pembuangan sampah ke TPPAS Luna adalah Rp 138.000 per ton.

Masalahnya, sampah yang akan dibuang ke sana tidak sedikit karena mencapai 500-700 ton per hari.

"Jadi, kita harus mengeluarkan uang lebih kurang Rp 98 juta per hari," ujar Ety, saat berbicara dalam sosialisasi pembangunan Kota Depok untuk tahun 2019, di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Rabu (9/1/2019).

Dikatakan Ety, keputusan membuang sampah ke wilayah tetangga terpaksa diambil karena Depok tak memiliki pilihan tempat pembuangan lain.

"Kita juga bukannya happy membuang ke Nambo. Konsekuensinya juga cukup besar. Karena kita tidak siap menambah arena TPA. Mau nambah ke sini diteriakin, mau nambah di sini diteriakin. Jangankan TPA, TPS aja enggak bisa. Malah yang ada disuruh tutup," katanya.

Ety menerangkan, saat ini populasi Kota Depok mencapai hampir 2 juta penduduk dengan perkiraan jumlah sampah yang dihasilkan mencapai 1.300 ton perhari. Itu berarti tiap penduduk menghasilkan timbunan sampah sekitar 0,6 kilogram.

Untuk itu, dia mengimbau agar warga turut membantu mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok dengan memilah sampah mulai dari tiap rumah.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved