Pendidikan

UI Minta Calon Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Siap untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer

Perubahan ujian SBMPTN dari yang sebelumnya berbasis cetak menjadi berbasis komputer (UTBK).

UI Minta Calon Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Siap untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer
Warta Kota/Gopis Simatupang
Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis MMet (tengah) saat konferensi pers di Gedung Rektorat UI, Depok, Selasa (8/1/2019). Area lampiran 

WARTA KOTA, DEPOK --- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Salah satu kebijakan lembaga itu yakni melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari yang sebelumnya berbasis cetak.

Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu PTN di Indonesia yang memberikan sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru.

6 Perbedaan SNMPTN dan SBMPT 2019 Dibandingkan 2018, Jalur Udangan Dikurangi Jadi 20 Persen

Salah satunya tentang perubahan ujian SBMPTN dari yang sebelumnya berbasis cetak menjadi berbasis komputer (UTBK).

"Jalur (masuk)-nya tidak jauh berbeda. Ada jalur yang melalui penilaian rapor atau SNMPTN, kemudian ada jalur yang ujian atau SBMPTN, dan ada jalur yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi, seperti SIMAK UI," kata Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis MMet saat konferensi pers di Gedung Rektorat UI, Kampus UI Depok, Selasa (8/1/2019).

"Yang berbeda pada tahun ini, ujian seleksi tidak lagi berbasis kertas atau cetak, melainkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jadi perbedaan mendasarnya itu," tutur Anis.

Perbedaan kedua, kata Anis, dulu peserta memilih program studi (prodi) atau perguruan tinggi yang dituju, kemudian ujian,  setelah itu pengumuman hasil ujian.

Sekarang metodenya dibalik. Peserta mengikuti UTBK terlebih dahulu, lalu menerima pengumuman nilai UTBK, selanjutnya memilih program studi pilihan, baru diproses dan diumumkan.

Fasilitasi SBMPTN, Universitas Indonesia (UI) Siapkan 3.000 Komputer

Dua sesi

Perubahan mendasar dalam seleksi nasional 2019 dibandingkan tahun sebelumnya, kata Anis, kebutuhan unit komputer dalam jumlah masif terkait UTBK.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved