Terkejut Lihat Sampah di Kali Pisang Batu, Menko Maritim Bakal Gelar Rapat Bersama Kepala Daerah

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan terkejut melihat kondisi Kali Pisang Batu yang penuh dengan sampah hingga seperti daratan.

Terkejut Lihat Sampah di Kali Pisang Batu, Menko Maritim Bakal Gelar Rapat Bersama Kepala Daerah
Warta Kota/Muhamad Azzam
Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman Kementerian Kordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman, Rofi Alhanif. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan terkejut melihat kondisi Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, yang penuh dengan sampah hingga seperti daratan.

Melalui perwakilannya, Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman Kementerian Kordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman, Rofi Alhanif, meninjau langsung lokasi tumpukan sampah tersebut.

Menurut Rofi, melihat kondisi Kali Pisang Batu yang sangat memprihatinkan, ditambah ramai jadi perbincangan masyarakat, membuat Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan memimpin rapat terkait persoalan sampah Kali Pisang Batu dengan mengundang seluruh Kepala Daerah di sepanjang aliran Kali tersebut.

"Besok kami akan rapat, kami undang kepala darah Kabupaten/Kota Bekasi, Kepala Daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta soal masalah kali ini. Rapat akan dilakukan di gedung Kemenko Maritim pukul 15.00 WIB," kata Rofi saat meninjau langsung ke Kali Pisang Batu, Selasa (8/1/2019).

Rofi mengatakan, tumpukan sampah ini menjadi perhatian dikarenakan tidak hanya menimbulkan penyakit maupun menyebabkan banjir di sekitar lokasi tersebut. Tetapi juga sampah ini mengalir ke arah laut.

"Tumpukan sampah ini merugikan masyarakat luas, tidak hanya sekitar. Masyarakat sekitar mungkin itu banjir, lalu penyakit, tapi yang terpenting itu sampah hilir kali itu ujungnya akan ke laut, ini akan terus menumpuk dilaut. Ini dampak yang paling nyata dan merusak lingkungan," ungkapnya.

Rofi mengatakan, rapat itu akan membahas soal solusi penanganan dan pencegahan agar hal serupa tidak terjadi.

Pasalnya, kondisi Kali Pisang Batu sudah sangat memprihatinkan, terlihat seperti kali mati karena aliran air kali tersumbat sampah dengan jumlah cukup banyak.

"Kepala Daerah dengan dinas-dinas terkait kami kumpulkan juga. Agenda detailnya seperti apa, kami lihat saja besok. Apa langkah jangka panjangnya dan apa langkah jangka pendeknya," katanya.

300 Ton Sampah Sudah Diangkut dari Kali Pisang Batu Kabupaten Bekasi

Mural Hiasi Tanggul Kali Sunter di Rawa Badak Utara, Jakarta Utara

Dua Kepala Desa Tuding Kota Bekasi Kirim Tumpukan Sampah ke Kali Pisang Batu

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved