Penjelasan Dinas Bina Marga DKI Soal JPO Dewi Sartika yang Berdiri di Tengah Jalan

"Itu kan tadinya di atas trotoar tapi karena pelebaran jalan kemudian jadi di tengah jalan," ungkap Harry saat dihubungi, Selasa (8/1).

Penjelasan Dinas Bina Marga DKI Soal JPO Dewi Sartika yang Berdiri di Tengah Jalan
Warta Kota/Rangga Baskoro
Keberadaan tiang JPO di tengah jalan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Harry Hamdani menceritakan, tiang Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, berada di tengah jalan setelah rampungnya proyek pelebaran Jalan Dewi Sartika yang mengarah ke Jalan Letjen MT Haryono.

"Itu kan tadinya di atas trotoar tapi karena pelebaran jalan kemudian jadi di tengah jalan," ungkap Harry saat dihubungi, Selasa (8/1).

Ia mengatakan, pelebaran jalan tersebut berbarengan dengan adanya pembuatan jalan tol Cawang-Grogol.

"Iya karena ada jalan tol jadi keambil jalannya jadi lebar," ucapnya.

Pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak pengembang mengenai kelanjutan JPO Dewi Sartika. Oleh sebab itu pihaknya tak bisa memutuskan sendiri perihal JPO itu.

"Karena yang bangun itu pihak pengembang yang berbarengan dengan tol jadi masih kita koordinasikan," ucap Harry

Saat ini, Dinas Bina Marga hanya melakukan pengamanan sementara dengan memasang zebra cross sebagai tempat penyeberangan dan memasan separator.

"Yang kita lakukan sekarang adalah bentuk pengamanan untuk sementara yaitu zebra cross sama pembatas jalan," tutur Harry.

Sebelumnya, kondisi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur sangat memprihatinkan.

Selain letak tiang tangganya yang berada di tengah jalan, juga terdapat banyak kabel yang melintang di atas JPO. Kemudian, pagar-pagar besi pembatas JPO juga banyak yang terlihat berlubang. Pagar-pagar besinya pun berkarat.

Tak hanya itu, bahkan akses tangga JPO yang terletak di seberang jalan juga tertutup oleh bangunan liar (bangli) para pedagang. Hal itu menyebabkan pejalan kaki enggan menyeberang menggunakan JPO. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved