Pemprov DKI Razia Anjing dan Kucing, Ini Empat Hal yang Perlu Diketahui

Empat hal yang perlu diketahui terkait rencana sosialisasi dan pengamanan hewan penular rabies (HPR) yang digelar Selasa (8/1/2019).

Pemprov DKI Razia Anjing dan Kucing, Ini Empat Hal yang Perlu Diketahui
Warta Kota/Rangga Baskoro/M8
Seorang warga pemilik hewan yang tergolong dalam jensi hewan penular rabies mendatangi salah satu posko layanan vaksinasi HPR yang didirikan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat. Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakarta Barat membuka tujuh posko layanan vaksinasi HPR di Kelurahan Kalideres dan Duri Kosambi, Jakarta Barat, selama sepakan pada 2-7 Oktober 2017. 

Dalam sepekan terakhir, beredar di media sosial rencana razia anjing dan kucing di wilayah DKI Jakarta.

Namun, banyak informasi yang simpang siur di media sosial terkait rencana Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta itu.

Berikut empat hal yang perlu diketahui terkait rencana sosialisasi dan pengamanan hewan penular rabies (HPR) yang digelar Selasa (8/1/2019).

1. Mencegah rabies Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang berupaya mencegah penyebaran penyakit lewat hewan penular rabies (HPR) yakni anjing dan kucing. Namun upaya yang dilakukan tak berfokus pada razia.

"Kegiatan ini diisi dengan hanya memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemahaman tata cara pemeliharaan hewan HPR yang baik. Agar tidak membahayakan lingkungan," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta Sri Hartati ketika dikonfirmasi, Jumat (4/1/2019) lalu.

2. Serentak di 5 wilayah hanya hari ini Sebelumnya beredar kabar bahwa razia kucing dan anjing akan dilakukan selama tiga hari pada 7-9 Januari 2019.

Namun, Tati menegaskan, sosialisasi dan penangkapan hanya akan digelar hari ini serentak di lima wilayah di DKI Jakarta.

Lima wilayah yang dimaksud yakni:

- Jakarta Pusat: Kelurahan Mangga Dua Selatan

- Jakarta Utara: Kelurahan Sukapura

Halaman
123
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved