Cat Lover Usul Pemprov DKI Adakan Srerilisasi Massal Kucing Jantan dan Betina Untuk Tekan Populasi

Cat Lover Usul Pemprov DKI Adakan Srerilisasi Massal Kucing Jantan dan Betina Untuk Tekan Populasi.

Cat Lover Usul Pemprov DKI Adakan Srerilisasi Massal Kucing Jantan dan Betina Untuk Tekan Populasi
WARTA KOTA/FERYANTO HADI
Razia yang dilakukan oleh Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta terhadap kucing dan anjing liar, selain untuk mencegah penyebaran rabies juga untuk menekan angka populasi satwa liar yang dianggap semakin banyak. 

RAZIA yang dilakukan Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta terhadap kucing dan anjing liar, selain untuk mencegah penyebaran rabies juga untuk menekan angka populasi satwa liar yang dianggap semakin banyak.

Reyzar dari Rumah Kucing Parung mengusulkan, untuk menekan populasi tersebut sebaiknya dilakukan sterilisasi secara massal bagi kucing jantan dan betina.

"Adakan sterilisasi massal, tapi jangan hanya kucing jantan saja, betinanya juga. Selama ini kan hanya jantan saja yang disteril. Betinanya beranak pinak," kata Reyzar saat berkunjung ke UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas KPKP di Jalan Harsono RM, Ragunan, Selasa (8/1/2019).

Setelah disterilkan, ia meminta kucing yang ditangkap dilepaskan kembali ke ke habitatnya. "Jadi dia bisa tetap hidup bebas tapi tidak menambah populasi. Menurut saya mendingan begitu," ungkapnya.

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengungkapkan, pihaknya rutin melakukan vaksinasi dan sterilisasi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera.

"Tahun lalu ada 25 ribu yang kita vaksin. Terkait usulan sterilisasi massal, nanti akan dipertimbangkan," ungkapnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved