Berita tentang Razia Hewan Liar Disebut Hoaks

Setelah dihentikan Gubernur DKI Anies Baswedan, berita tentang razia hewan liar di Jakarta disebut hoaks.

Berita tentang Razia Hewan Liar Disebut Hoaks
Instagarm@aniesbaswedan
Lego, kucing berkaki tiga milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni menyanggah kabar penangkapan kucing dan anjing dalam razia hewan liar yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI. 

Darjamuni menepis seluruh isu tentang razia hewan liar yang viral di media sosial sejak kemarin, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, isu tersebut berkembang karena ada pihak yang menolak operasi Hewan Penular Rabies (HPR) yang rencananya digelar pada hari ini, Selasa (8/1/2019).

Penolakan itu dilakukan dengan menyebar sejumlah potret dokumentasi razia hewan liar beberapa waktu lalu di media sosial.

"Nggak ada, itu semuanya hoax. Dari kemarin sampai hari ini itu nggak ada razia. Itu makanya saya juga bingung, dari mana itu foto-fotonya? Karena memang kita nggak ada razia sampai hari ini," ungkap Darjamuni dihubungi pada Selasa (8/1/2019).

Terkait isu yang tengah berkembang, pihaknya bersama dengan Balai Kesehatan Hewan dan Ikan Dinas KPKP DKI Jakarta akan menggelar pertemuan dengan komunitas pecinta hewan di Hotel Orchard, Jalan Industri, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Selasa (15/1/2019) mendatang.

Pertemuan tersebut katanya akan membahas tentang penanganan hewan, khususnya HPR, seperti anjing, kucing, musang dan kera.

Selain itu, teknik penjangkauan hewan dengan melibatkan anggota komunitas pecinta hewan sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

"Kita akan bicarakan dengan para komunitas pecinta binatang, ada sembilan komunitas dan organisasi pecinta binatang yang akan kami undang. Pembahasan utamanya untuk menjangkau hewan berpotensi rabies, juga memberikan edukasi bahaya rabies serta bagaimana cara penjangkauannya (hewan liar)," jelasnya.

Bersamaan dengan rencana tersebut, dirinya kembali menegaskan razia hewan liar ditiadakan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved