Pencari Kerja

Menaker Hanif Dhakiri: Pencari Kerja Indonesia Harus Bermental Kuat dan Berjiwa Pesaing

Pencari kerja Indonesia bermental kuat dan memiliki jiwa pesaing untuk bisa memenangkan lowongan kerja di Tanah Air.

Menaker Hanif Dhakiri: Pencari Kerja Indonesia Harus Bermental Kuat dan Berjiwa Pesaing
Warta Kota/Muhammad Azzam
Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri (kedua dari kiri) saat berbincang dengan peserta pelatihan berbasis kompetensi tahun 2019 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Bekasi, Senin (7/1/2019). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Pencari kerja Indonesia jangan lembek dan harus memiliki jiwa pesaing untuk bisa memenangkan lowongan kerja di Tanah Air.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri saat membuka dan memberi arahan kepada peserta pelatihan berbasis kompetensi tahun 2019 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Bekasi, Senin (7/1/2019).

Pembukaan pelatihan itu menandakan dimulainya pelatihan yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan di seluruh BLK di Indonesia pada tahun 2019 ini.

Ini Tiga Masalah Tenaga Kerja yang Dihadapi Indonesia Menurut Hanif Dhakiri

Untuk di BLK Kota Bekasi, peserta mengikuti sejumlah pelatihan dari berbagai bidang yakni teknologi informasi dan komunikasi, teknik informatika, pariwisata, dan refrigeneration.

Hanif Dhakiri pun meminta para peserta pelatihan untuk mempunyai mental kuat dan memiliki jiwa pesaing. Jangan memanjakan diri sendiri, melainkan harus terbiasa keras pada diri sendiri.

"Jadi adik adik sekalian harus hati-hati, kenyataan di luar sana begitu keras, kita harus keras pada diri sendiri. Mau apa apa semua bersaing, termasuk soal mencari kerja ini," ucapnya.

"Kalau orang-orang yang tidak terbiasa keras pasti akan syok dan kaget persaingan yang begitu cepat," katanya lagi.

Dia menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya melakukan pelatihan agar para pencari kerja bisa meningkatkan kompetensi dirinya saat bersaing mencari kerja.

Isu Tenaga Kerja Asing Serbu Indonesia, Hanif Dhakiri: TKI Kita yang Menyerbu Negara Lain

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga terus memupuk dan membina karakter atau attitude para pencari kerja.

"Kompetensi penting, tapi jauh lebih penting juga karakter. Ini yang kita bangun di seluruh BLK di Indonesia, mulai dari aturan bangun pagi, kedisplinan dan kejujuran. Itu dilatih semuanya," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved