Pemerasan

Libatkan Anak di Bawah Umur, Pelaku Pemerasan di Ciputat Ancam Korbannya dengan Celurit

Pelaku tindak kejahatan pencurian dan kekerasan di Ciputat Tangerang Selatan pada 5 Januari 2019 melibatkan dua anak di bawah umur.

Libatkan Anak di Bawah Umur, Pelaku Pemerasan di Ciputat Ancam Korbannya dengan Celurit
ZAKI ARI SETIAWAN
Barang bukti celurit yang digunakan oleh komplotan bandit saat beraksi di wilayah Ciputat Tangerang Selatan 

PELAKU tindak kejahatan pencurian dan kekerasan yang terjadi di bilangan Ciputat Tangerang Selatan pada 5 Januari 2019 kemarin, melibatkan dua anak di bawah umur.

Selain dua orang pelaku itu, terdapat juga dua orang pelaku lainnya yang ikut melakukan pemerasan satu unit sepeda motor.

Dari hasil pemeriksaan petugas kepada saksi dan korban, komplotan garong itu berani mengancam korbannya dengan celurit.

"Modusnya mereka mencegat korban dan melakukan pengancaman dengan senjata tajam agar menyerahkan barang-barangnya. Pada saat kejadian barang yang diambil adalah satu unit sepeda motor," kata Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan, Senin (7/1/2019).

Keempat pelaku bernama Augi Katami alias Kicut (19), AW (16), Didit Rival Mulyadi (18), dan TR (16) diciduk petugas setelah kedapatan menjual motor rampasannya di media sosial.

Didit selaku otak komplotan menjadi pelaku pertama yang diamankan petugas pada 5 Desember 2019 kemarin. Didit juga diketahui sebagai orang yang mengacungkan celurit kepada korbannya.

Para tersangka selanjutnya dikenakan pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

Untuk memproses dua anak di bawah umur tersebut, polisi menggandeng Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

"Rencana tindak lanjut mengambil keterangan anak sebagai tersangka dengan didampingi petugas Bapas, P2TP2A Kota Tangerang Selatan serta orangtua anak," ujar Ferdy.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved