Sampah

Kodim Kabupaten Bekasi Siap Bantu Bersihkan Tumpukan Sampah di Kali Pisang Batu Tarumajaya

Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Arh Jimmy Hitapea mendatangi lokasi tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Senin (7/1/2019).

Kodim Kabupaten Bekasi Siap Bantu Bersihkan Tumpukan Sampah di Kali Pisang Batu Tarumajaya
Warta Kota/Muhammad Azzam
Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Arh Jimmy Hitapea saat meninjau lokasi tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Senin (7/1/2019). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, menjadi perhatian banyak pihak.

Pasalnya, tumpukan sampah itu memenuhi seluruh Kali Pisang Batu hingga membentuk daratan baru.

Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Arh Jimmy Hitapea yang mendengar kabar tersebut juga mendatangi lokasi tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Senin (7/1/2019).

Jimmy Hutape terkejut ketika melihat tumpukan sampah di Kali Pisang Batu itu.

VIDEO: Petugas Kebersihan Kabupaten Bekasi Kerja Keras Bersihkan Tumpuka Sampah di Kali Pisang Batu

"Saya sudah lihat kondisinya tenyata sudah lebih parah dari apa yang saya bayangkan," kata Jimmy Hutapea kepada Wartawan.

Dia mengatakan,  pihaknya siap menerjukan anggotanya untuk melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah tersebut.

"Kodim 0509 siap membantu proses pengangkutan sampah, tapi melihat kondisi cukup parah perlu dilakukan bersama instansi lain dan seluruh unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida)," katanya.

"Nanti kita akan berkoordinasi, agar bisa melakukan penanganan sehingga cepat selesai penangananya," ucap Jimmy Hutapea.

Pengangkatan sampah  menggunakan alat berat di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.
Pengangkatan sampah menggunakan alat berat di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Sampah Kali Pisang Batu Tarumajaya Bekasi Diangkat, Volume Sampah Capai 1.400 Kubik

Dia juga menilai bahwa masalah sampah di Kali Pisang Batu ini  harus dibarengi perubahan sikap masyarakat. Misalnya meninggalkan  kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan di kali.

"Jadi setelah dibersihkan ini, harus dicari solusinya agar tidak terjadi hal serupa kemudian hari. Apalagi jika dilihat ini sumber sampah dari masyarakat," ucapnya.

Selain tumpukan sampah itu membuat lingkungan kumuh dan menimbulkan penyakit, Dandim menambahkan, sampah  membuat aliran air ke persawahan di sekitar kali menjadi terganggu.

"Kali ini kan jadi pengairan persawahan, kalau kondisi airnya seperti ini bisa menganggu kesehatan dan potensi berkembangnya penyakit," tutur Jimmy Hutapea.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved