Dinas Lingkungan Hidup DKI Menguji Hasil Air Saringan Eceng Gondok

LLHD Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan uji hasil air saringan tanaman eceng gondok.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Menguji Hasil Air Saringan Eceng Gondok
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Petugas LLHD Jakarta mengambil sampel penanaman eceng gondok di Kali Inlet 3 atau Saluran Penghubung (Phb) Bisma, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (7/1/2019). 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan uji hasil air saringan tanaman eceng gondok pertama yang berada di saluran penghubung Inlet 3 Waduk Sunter Utara.

Menurut Ketua Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kerja Badan Air Jakarta Utara, Lambas Sigalingging, Senin, pengujian terhadap air di kawasan tersebut untuk melihat kualitas air setelah satu bulan ditanam eceng gondok.

"Kegiatan ini kami bekerja sama dengan LLHD untuk menguji kualitas air setelah ditanam eceng gondok. Mudah-mudahan dua minggu yang akan datang kita ketahui hasilnya," kata Lambas seperti dilansir Antaranews.com, Senin (7/1/2019).

Lambas mengatakan, pengujian tersebut akan dilakukan berkala, yakni sebulan sekali selama tiga periode setelah penanaman eceng gondok yang dilakukan mulai 7 Desember 2018.

Secara kasat mata, Lambas mengatakan, ada perubahan signifikan pada perairan di kawasan tersebut. Yang semula memiliki bau tak sedap dan menyengat, menjadi tidak berbau sama sekali.

"Bau itu sudah nggak ada. Secara kasat mata kita juga bisa lihat awal air ini dengan kita lihat di sana ada perubahan yang sangat signifikan, lebih jernih," kata Lambas.

LLHD Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengambil sampel air di tiga titik, yakni titik awal hulu, titik saringan eceng gondok pertama dan titik terakhir saringan eceng gondok seluas 40x11 meter.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memantau seberapa luas jangkauan eceng gondok dapat menyaring kandungan polutan dalam air kali itu.

Minggu Depan, Hasil Sampel Penanaman Eceng Gondok di Kali Inlet 3 Bakal Keluar

Lihat Efek Penanaman Eceng Gondok, Petugas LLHD Ambil Sampel Air di Kali Inlet Sebulan Sekali

Penanaman Eceng Gondok di Saluran Phb Bisma Rampung Besok

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved