Car Free Day di Setiap Kecamatan Jakarta Selatan untuk Perbaiki Kualitas Udara

WALI KOTA Jakarta Selatan, Marullah Matali memastikan akan mendukung sepenuhnya upaya Gubernur Anies Baswedan untuk mengurangi tingkat polusi udara.

Car Free Day di Setiap Kecamatan Jakarta Selatan untuk Perbaiki Kualitas Udara
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah warga berolah raga di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan, saat acara Car Free Day, Minggu (14/01/2018). Pemkot Jakarta Selatan, menggelar Car Free Day pertama di JLNT Antasari. 

WALI KOTA Jakarta Selatan, Marullah Matali memastikan pihaknya akan mendukung sepenuhnya upaya Gubernur Anies Baswedan untuk mengurangi tingkat polusi udara.

Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan menginstruksikan para camat untuk menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day di wilayahnya mulai Januari 2019.

"Selain di tingkat kota, mulai Januari ini setiap kecamatan di Jaksel telah memulai menggelar car free day," kata Marullah kepada Warta Kota, Minggu (6/1/2019).

Marullah mengatakan, kegiatan car free day serempak dilakukan pada pekan pertama setiap bulannya.

"Ini dalam rangka menurunkan polusi. Dinas Lingkungan Hidup DKI setiap pekan pertama melakukan pengukuran. Mudah-mudahan kualitas udara di Jakarta membaik," ungkapnya.

Dalam catatan alat pemantau kualitas udara Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, pada Januari-Oktober 2018, Jakarta Pusat udara tidak sehat 206 hari untuk parameter PM2,5.

Di Jakarta Selatan, kualitas udara buruk 222 hari. Alat pemantau juga mencatat partikel PM2,5 lebih 38 µg/m³ bahkan mencapai 100 µg/m³ pada hari-hari tertentu. Batas aman PM2,5 dihirup manusia sesuai standar WHO yaitu 25 µg/m.³

Sejumlah upaya lain yang dilakukan pemprov untuk mengurangi polusi udara adalah dengan melakukan uji emisi terhadap kendaraan yang dilakukan secara berkala.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved