Godok Aturan Ojol, Menhub: Atur Kepastian Pendapatan Driver

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi mengungkapkan, pemerintah dalam waktu dekat segera membuat aturan untuk ojek online.

Godok Aturan Ojol, Menhub: Atur Kepastian Pendapatan Driver
ANTARA/Ahmad Wijaya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah bertopi) saat berbincang dengan pengemudi ojek daring Gojek di Depok, Jawa Barat, Sabtu (5/12/2019). Menhub mengatakan dalam waktu dekat segera menerbitkan aturan ojek online, yang intinya memberi kenyamanan dan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi mengungkapkan, pemerintah dalam waktu dekat segera membuat aturan untuk ojek online.

Hal itu disampaikan Budi usai bertemu dengan para pengemudi Go-Jek dalam acara sosialisasi keselamatan berkendara.

"Seperti yang disampaikan oleh Pak Dirjen tadi, kami akan memberikan satu aturan bagi pengendara ojek online," ujarnya di Depok, Sabtu (5/1/2019).

Menurut mantan Direktur Utama AP II itu, pada dasarnya regulasi tersebut akan memberikan rasa aman bagi para pengendara Go-Jek untuk bekerja. Selain itu, tutur Budi, regulasi tersebut juga nantinya akan memberikan perlindungan tentang kepastian pendapatan para pengemudi ojek online. "Itu yang harus diatur," kata dia.

Adapun hingga saat ini ojek online tidak memiliki payung hukum sebagai transportasi umum. Sebab di dalam UU 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kendaraan roda dua bukanlah angkutan umum.

Namun belum diketahui apakah pemerintah akan mengubah UU tersebut atau tidak. Meski begitu, Menhub mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan masukan dari berbagai pihak. Ditargetkan, aturan ojek online rampung dalam dua bulan ke depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub: Aturan Ojek Online Mencakup Kepastian Pendapatan Pengemudi",

Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Andri Donnal Putera

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved