Banyak Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Kekurangan Truk Sampah

Kabupaten Bekasi kekurangan truk sampah. Saat ini Kabupaten Bekasi hanya punya 14 truk. Idealnya harus punya 325 truk.

Banyak Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Kekurangan Truk Sampah
Warta Kota/Muhamad Azzam
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi melakukan pembersihan dan pengangkutan tumpukan sampah di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Kabupaten Bekasi kekurangan truk sampah. Saat ini Kabupaten Bekasi hanya punya 14 truk. Idealnya harus punya 325 truk. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Permasalahan sampah kerapkali terjadi disejumlah wilayah Kabupaten Bekasi.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi mengungkapkan penyebab masalah sampah yang terjadi yaitu minimnya truk yang dimiliki.

"Kami memang kekurangan truk, jadi proses pengangkutan sampah belum dapat maksimal," kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto, Minggu (6/1/2019).

Dodi mengatakan, pihaknya baru memiliki 104 truk sampah, idealnya membutuhkan sekitar 325 truk untuk bisa menjangkau 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

"23 kecamatan itu ada ada banyak desa dan perumahan. Kalau dari 104 truk, jadi satu truk bisa buat 2-3 desa atau perumahan," kata Dodi.

Dodi mengatakan, diluar soal kekurangan truk sampah itu, sepatutnya persoalan sampah menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Sampah ini jadi tugas bersama, ini PR kami. Masyarakat dan semua SKPD harus perhatikan kebersihan ini. Kan enggak mungkin APBD buat kebersihan semua, namanya kue harus dibagi," kata Dodi.

Dodi juga menilai masyarakat belum mengutamakan fasilitas kebersihan sebagai elemen penting yang harus ada.

Hal itu terlihat saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat desa atau kecamatan, masyarakat jarang mengusulkan fasilitas tempat pembuangan sampah sementara.

"Harus ada usulan masyarakat buat pembangunan TPS (tempat pembuangan sementara). Tapi nyatanya jarang, boleh dicek itu," katanya.

Dodi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi saat ini melakukan upaya pengurangan sampah dengan banyak membangun dan pengoptimalan bank sampah.

"Saat ini ada 187 bank sampah yang berada di tingkat kecamatan tapi baru sekitar 68 bank sampah yang aktif. Bank sampah ini cukup efektif kurangi volume sampah," kata Dodi.

Sampah Kali Pisang Batu Tarumajaya Bekasi Diangkat, Volume Sampah Capai 1.400 Kubik

Sekdes Minta Dibangun Bendungan Penyaring Sampah di Perbatasan Kota Bekasi, Ini Alasannya

Sampah di Sepanjang Aliran Kali Pisang Batu Bekasi Diklaim Sampah Kiriman

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved