Alasan Tarif Trans Patriot Bekasi Lebih Mahal Dibandingkan Transjakarta

Tarif Trans Patriot Kota Bekasi ditetapkan sebesar Rp 4.000. Tarif itu lebih mahal dari tarif Transjakarta sebesar Rp 3.500.

Alasan Tarif Trans Patriot Bekasi Lebih Mahal Dibandingkan Transjakarta
Warta Kota/Muhammad Azzam
Bus Trans Patriot Kota Bekasi 

WARTA KOTA, BEKASI--- Tarif Trans Patriot Kota Bekasi ditetapkan sebesar Rp 4.000. Tarif itu lebih mahal dari tarif Transjakarta sebesar Rp 3.500.

Menjawab hal itu, Juru Bicara Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP), Iqbal Daut, mengatakan, pertimbangan besaran tarif itu hasil dari kajian bersama secara teknis dan sosiologis.

"Jadi kami lihat aspek sosiologis supir angkot juga dan kalau terlampau murah bisa mematikan pengusaha-pengusaha angkutan reguler dan angkutan perkotaan lainnya. Kajian kami angkot reguler, Harapan Indah Terminal Bekasi bisa Rp 10.000, kalau tarifnya Rp 3.500 bisa mematikan angkot," kata Iqbal, Minggu (6/1/2019).

Iqbal mengatakan, penetapan tarif Rp 4.000 disesuaikan selain dengan kemampuan daerah dalam subsidi tarif.

"Trans Patriot bukan untuk mengambil pasar penumpang angkot reguler, kami hadir untuk memudahkan masyarakat dan jadi alternatif angkutan massal," katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dedet Kusmayadi, mengatakan, penetapkan besaran tarif tersebut sudah hasil kalkulasi dan kesanggupan daerah dalam melakukan subsidi.

"Berdasarkan perhitungan biaya opersional, berkisar diangka Rp 7.000 per penumpang satu kali perjalanan. Jadi Pemerintah Kota Bekasi memberikan subsidi sebesar Rp 3.000 per penumpang sehingga harga tiket menjadi Rp 4.000. Ini juga proses pembelajaran ke masyarakat, agar pindah angkutan pribadi ke umum. Tarif segitu juga sudah murah," kata Dedet.

Trans Patriot mulai beroperasi pada 26 November 2018, dan melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi.

Rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

Total sebanyak 34 halte menjadi tempat pemberhentian bus Trans Patriot menaikkan dan menurunkan penumpang.

Sejak pertama kali uji coba operasional, PDMP menggratiskan tarif angkutan umum tersebut, dan tarif Rp 4.000 berlaku sejak Rabu (2/1/2019).

Bus Trans Patriot juga beroperasi dari pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Trans Patriot Bekasi Targetkan Pendapatan Rp 1 Miliar Per Tahun, Tarif Penumpang Rp 4.000

Hari Ini Trans Patriot Bekasi Mulai Dikenakan Tarif Rp 4.000

Trans Patriot Bekasi Bakal Dihubungkan dengan Transjakarta

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved