Kelurahan Pulo Angkut Tumpukan Sampah di Eks Pasar Blok A

Kelurahan Pulo melakukan kegiatan bernama Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kelurahan Pulo Angkut Tumpukan Sampah di Eks Pasar Blok A
Warta Kota/Feryanto Hadi
Kelurahan Pulo melakukan kegiatan bernama Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU--- Kelurahan Pulo melakukan kegiatan bernama Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lurah Pulo, Gita Puspita, mengatakan, lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut merupakan milik Perumda Pasar Jaya, dan berdekatan dengan Stasiun MRT Blok A. Sehingga saat dilihat dari atas stasiun terlihat tumpukan sampah yang merusak estetika.

"Jadi kami lakukan grebek sampah disini. Lokasi tempat pembuangan sampah tersebut menyatu dengan pasar sehingga kebanyakan pedagang membuang sampah di sana. Dominasi sampah plastik dan kayu," kata Gita, Kamis (3/1/2019).

Gita mengatakan, Grebek Sampah tersebut sudah berjalan sejak Rabu (2/1/2019).

Pada hari pertama dilakukan oleh Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Kebayoran Baru dengan satu unit soffel. Namun kurang efektif karena akses yang tidak memadai.

"Hasilnya hari pertama dua truk dengan volume sampah kurang lebih mencapai 20 meter kubik, dan hari ini menggunakan tenaga manusia. Kami kerahkan 15 PPSU," kata Gita.

Lokasi yang rencananya akan dibangun Pasar Blok A itu menjadi lahan kosong usai bangunan pasar lama dibongkar.

Meskipun sudah dikelilingi pagar, para pedagang dan masyarakat setempat memanfaatkan lahan itu sebagai lokasi membuang sampah.

Gita menjelaskan, luas total lahan baik yang ditempati pedagang dan yang dijadikan lokasi pembuangan sampah tersebut kurang lebih 4.000 meter.

"Perumda Pasar Jaya sudah menyetujui karena sebelumnya kami sudah bersurat ke Perumda Pasar Jaya dan ke kecamatan. Target kami sesegera mungkin, sebelum MRT beroperasi Maret mendatang," tutupnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved