Dikeluhkan Warga, Wakil Wali Kota Bekasi Akhirnya Tinjau Lokasi Longsor di Sepanjang Jaya

"Memamg harus segera dibangun tanggul di sepanjang Kali Bekasi ini. Jadi tanah di bantaran Kali tidak terus tergerus," kata Tri Adhianto.

Dikeluhkan Warga, Wakil Wali Kota Bekasi Akhirnya Tinjau Lokasi Longsor di Sepanjang Jaya
Warta Kota/Muhammad Azzam
Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto meninjau lokasi longsor di RT 05 RW 04 Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, pada Kamis (3/1/2019). 

WAKIL Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meninjau lokasi longsor di RT 05 RW 04 Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, pada Kamis (3/1/2019).

Menggunakan topi dan batik berwarna coklat, Tri meninjau ke titik longsor rumah warga yang berada dekat bantaran Kali Bekasi.

Ia melihat kondisi tanggul atau bantaran Kali Bekasi. Dirinya juga berdiskusi dengan warga setempat.

Atas hal itu, Tri meminta agar Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembangunan turap di sepanjang Kali Bekasi pada tahun ini.

Pasalnya, jika tidak bakal seringkali terjadi pergeseran tanah yang berdampak pada warga Kota Bekasi yang tinggal di bantaran Kali Bekasi.

"Memamg harus segera dibangun tanggul di sepanjang Kali Bekasi ini. Jadi tanah di bantaran Kali tidak terus tergerus," kata Tri dilokasi longsor di Sepanjang Jaya, Kamis (3/1/2019).

Ia mengatakan, lokasi longsor di Sepanjang Jaya ini akan menjadi prioritas utama, tatkala ada anggaran kegiatan pembangunan tanggul dari Kementerian PUPR.

"Kalau ada kegiatan yang dilaksanakan Kementrian PU (di Kota Bekasi), untuk dipindahkan dilokasi ini. Ini akan menjadi prioritas utama. Nanti, kemarin yang sudah terjadwalkan, bisa kita lakukan pada tahun berikutnya," sambung Tri.

Ia mengungkapkan sudah hampir dua puluh tahun Kali Bekasi tidak direstorasi. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya sejumlah titik rawan pergeseran tanah.

"Memang harus segera dilakukan pembangunan turap. Supaya, dapat mencegah adanya rumah tinggal atau bangunan milik warga di bantaran Kali Bekasi yang amblas. Kan kasihan kalau tidak segera akan banyak lagi warga tidak memiliki rumah dan tempat tinggal, yang mereka tempat tinggalnya berubah menjadi sungai, karena tanahnya tergerus," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved