Kolom Arifin BH

Reuni Sehari, Menyatukan Pecahan Memori

Keluarga besar Mingguan Surya, hari Minggu siang (30/12/2018) mengadakan reuni. Sekitar 75-an orang berkumpul.

Reuni Sehari, Menyatukan Pecahan Memori
Dok Pribadi
Beginilah suasana reuni yang digelar para alumni Mingguan Surya di Surabaya. Setelah sekian puluh tahun tidak bertemu, mereka menyatukan hati yang pernah hilang. 

ANDAIKATA dinding Rumah Makan Nur Pasifik di Jalan Raya Gubeng, Surabaya bisa berteriak tentu dia akan histeris, ikut merasakan kegembiraan orang-orang di dalam gedung.

Mereka yang berada di dalam adalah para mantan. Mantan wartawan, mantan karyawan pemasaran, dan mantan karyawan percetakan dari sebuah perusahaan media. Namanya Mingguan Surya. 

Keluarga besar Mingguan Surya, hari Minggu siang (30/12/2018) mengadakan reuni. Sekitar 75-an orang berkumpul. Bernostalgia, seolah-olah kembali memperlihatkan kekuatan mata batinnya, sebagai sebuah komunitas "tua-tua keladi".

Semangat seperti ketika dulu menuntaskan deadline sore hari, untuk kemudian besoknya (hari Senin) koran mereka terbit. 

"Kami para mantan memang tidak punya koran, mesin cetak, ataupun gedung bertingkat. Tapi kami punya kenangan yang indah," kata Imam Djayadi. Pria berambut ikal ini pernah menjadi Kepala Seksi Cetak Koran PT. Antar Surya Jaya, tempat Mingguan Surya dicetak. 

Menyebut nama Mingguan Surya harus menoleh ke belakang. Pada tahun 1983 sejumlah wartawan Pos Kota Perwakilan Jawa Timur yang dimotori oleh Ivans Harsono sebagai kepala perwakilan, mendirikan PT Antar Surya Jaya. Sebuah perusahaan bidang penerbitan dan percetakan. 

Sebelum itu mereka adalah mahasiswa Akademi Wartawan Surabaya yang sejak tahun 1977-an tergabung menjadi wartawan Pos Kota. Saat itu Pos Kota cukup signifikan di Jawa Timur karena mempunyai redaksi dan sirkulasi yang berkantor di Jalan Bubutan 17 Surabaya. Disebut Perwakilan karena kantor pusat Pos Kota Grup berada di Jakarta. 

"Embrio Surat kabar Harian Surya itu Mingguan Surya, sedangkan keberadaan Mingguan Surya tak bisa lepas dari ide Pak Ivans dan Pos Kota Jawa Timur" ujar Amang Mawardi sewaktu memberikan kesan. 

Melalui Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) Menteri Penerangan No. 202/SK/MENPEN/SIUPP/A.7/1986, tertanggal 28 juni 1986, PT. Antar Surya Jaya menerbitkan Surat Kabar Mingguan Surya. Lokasi perusahaan beralamatkan di Jalan K. Abdul Karim 37-39, Rungkut -Surabaya. 

Oplah surat kabar mingguan ini cukup menggembirakan. Setiap terbit mencapai 25.000 eksemplar dengan jangkauan distribusi di Surabaya dan beberapa kota di Jawa Timur.

Halaman
1234
Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved