Pengemudi Taksi Online Keluhkan Perpanjangan Sistem Ganjil Genap

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. baru saja menerbitkan Pergub Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Pengemudi Taksi Online Keluhkan Perpanjangan Sistem Ganjil Genap
Warta Kota/Rangga Baskoro
Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap sudah dikeluarkan. Sistem ganjil genap berlaku Senin-Jumat, mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB. Aturan ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Akan tetapi rambu yang masih terpasang menunjukkan sistem ganjil genap berlaku dari Senin hingga Minggu. 

WARTA KOTA, JATINEGARA--- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. baru saja menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Hal tersebut menandakan kebijakan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat diperpanjang terhitung sejak Rabu (2/1/2019).

Pengemudi taksi online yang menilai sistem ganjil genap tak terlalu signifikan mengurangi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

"Enggak berpengaruh banyak ya. Macet-macet saja. Sama saja," kata Suadi (56), di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Rabu (2/1/2019).

Meski dikeluhkan, Suadi mengatakan, ia tetap akan menaati peraturan tersebut dengan cara menghindari ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap saat pagi dan sore hari.

"Yang jelas saya ikutin pemerintah saja. Nomor plat saya ganjil, jadi kalau tanggalnya genap paling lewat jalan lain," kata Suadi.

Pengemudi taksi online lain bernama Anggi (39) mengharapkan agar perpanjangan sistem tersebut juga disertai dengan pemasangan rambu baru agar pengendara tak tekecoh saat melintasi ruas jalan yang diterapkan sistem ganjil genap.

"Tuh lihat yang di atas JPO, spanduk pemberitahuannya bahkan masih yang lama pas Asian Games. Memang ini bukan kebijakan baru, tapi perpanjangannya kan baru, jadi rambu pemberitahuannya kalau bisa juga yang baru," kata Anggi.

Sistem ganjil genap berlaku di Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Sudirman, serta Gatot Subroto. Kemudian, sebagian Jalan Jenderal S Parman dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai Simpang KS Tubun, Jalan MT Haryono, HR Rasuna Said, DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani.

Sistem ganjil genap berlaku Senin-Jumat, mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB. Aturan ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Sistem Ganjil Genap Bukan Memanjakan Pemotor, Tapi Mengalihkan

Anies Baswedan Teken Pergub Nomor 155 Tentang Ganjil Genap di Malam Tahun Baru

Ganjil Genap Diperpanjang, Rute dan Jam Penerapannya Sama

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved