Pelamar CPNS 2018 yang Lolos Curhat ke Ustaz Yusuf Mansur, Ceritanya Patut Ditiru Pelamar CPNS 2019

Pelamar CPNS 2018 yang Lolos Curhat ke Ustaz Yusuf Mansur, Ceritanya Patut Ditiru Pelamar CPNS 2019.

Pelamar CPNS 2018 yang Lolos Curhat ke Ustaz Yusuf Mansur, Ceritanya Patut Ditiru Pelamar CPNS 2019
warta kota/nur ichsan
Ustaz Yusuf Mansur 

PENGUMUMAN akhir CPNS 2018 nyaris rampung diumumkan oleh masing-masing instansi. Ribuan peserta pun gugur, dan muncullah nama-nama abdi negara yang dianggap layak mengisi setiap formasi jabatan. 

Tahun 2018 ini merupakan salah satu tahun yang memiliki proses penerimaan CPNS agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Penerimaan CPNS 2018 menjadi agak berbeda lantaran pemerintah terpaksa mengeluarkan aturan baru di tengah-tengah seleksi. 

Aturan baru terpaksa dikeluarkan lantaran banyaknya pelamar yang gugur di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akibat level kesulitan soal lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. 

Salah satu jenis soal yang jauh lebih sulit ketimbang tahun-tahun sebelumnya adalah soal tes karakteristik pribadi (TKP). 

Banyak peserta dengan nilai SKD tinggi terpaksa gugur akibat tak melewati batas passing grade yang ditetapkan untuk masih-masing soal. 

Akibatnya, terutama di daerah, tingkat kelulusan SKD amat kecil. Bahkan di NTT dan Ambon, jumlah peserta yang lulus SKD hanya 8 orang saja. 

Pemerintah kemudian menetapkan aturan baru sehingga akhirnya ada 2 jenis pelamar CPNS 2018. 

Jenis pertama adalah pelamar jenis P1/L atau yang lulus berdasarkan ketentuan aturan pertama.

Kemudian jenis kedua adalah pelamar jenis P2/L, atau yang diluluskan berdasarkan ketentuan aturan yang dikeluarkan di tengah seleksi akibat banyaknya yang gugur di SKD. 

Halaman
1234
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved