Ganjil Genap Diperpanjang, Rute dan Jam Penerapannya Sama

Kebijakan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat diperpanjang terhitung sejak tanggal 2 Januari 2019.

Ganjil Genap Diperpanjang, Rute dan Jam Penerapannya Sama
Warta Kota/Henry Lopulalan
Papan pemberitahuan ganjil genap yang terpasang di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

Warta Kota, Gambir -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru saja menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Hal tersebut mengartikan bahwa kebijakan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat diperpanjang terhitung sejak tanggal 2 Januari 2019.

"Sama semuanya. Sama seperti yang ada sekarang, tidak ada perubahan dari sisi rute-rutenya dan dari sisi waktunya itu sama," ungkap Anies saat meninjau Kawasan Monas, Selasa (1/1).

Pihaknya akan memasang rambu-rambu kebijakan ganjil genap di ruas jalan yang akan ditetapkan sistem tersebut.

Hal itu dimaksudkan agar memberikan kepastian hukum terhadap kebijakan yang hanya berlaku bagi kendaraan roda empat ke atas tersebut.

"Mengapa rambu-rambu dipasang? karena di lapangan sering kali petugas kita berhadapan dengan pengendara yang berdebat. Sekarang kita berikan kepastian dengan rambu-rambu itu," ucapnya.

Evaluasi akan dilakukan setiap tiga bulan sekali guna melihat aspek positif dan negatif diterapkannya kebijakan itu.

Namun demikian, kebijakan itu akan terus diberlakukan setelah ada hasil evaluasi.

"In berlaku untuk kendaraan roda empat ke atas. Untuk yang ini kita akan kumpulkan data tiap tiga bulan. Tetapi bukan kebijakannya direview tiap tiga bulan. Datanya dikumpulkan kita lakukan review, tapi kebijakannya berlaku untuk terus. Sampai ada perubahan lagi," ujar Anies.

Dengan diterbitkannya Pergub 155/2018 ini, sistem ganjil-genap tetap berlaku di Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Sudirman, serta Gatot Subroto.

Kemudian, sebagian Jalan Jenderal S Parman dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai Simpang KS Tubun, Jalan MT Haryono, HR Rasuna Said, DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani.

Sistem ganjil-genap berlaku Senin-Jumat, mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB. Aturan ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved