Pencurian

Pemilik ATM BRI Diminta Hati-hati karena Jadi Sasaran Aksi Kejahatan Ganjal ATM

Polres Metro Bekasi Kota berhasil meringkus empat pelaku kejahatan pengganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM), pada Minggu (30/12/2018).

Pemilik ATM BRI Diminta Hati-hati karena Jadi Sasaran Aksi Kejahatan Ganjal ATM
Warta Kota/Muhammad Azzam
Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, bersama Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Bambang menunjukkan barang bukti ATM hasil kejahatan para pelaku kejahatan ganjal ATM. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Polres Metro Bekasi Kota berhasil meringkus empat pelaku kejahatan pengganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM), pada Minggu (30/12/2018).

Keempat pelaku telah menjalankan aksinya sebanyak 16 kali di berbagai wilayah, termasuk di Kota Bekasi.

Ke-16 ATM saat melakukan aksi pengganjalan itu dilakukan di ATM Bank BRI.

ATM Bank BRI menjadi sasaran empuk, pasalnya, pelaku menyebut ATM Bank BRI paling mudah untuk dilakukan tindak kejahatan ganjal ATM.

"Ya berdasarkan pengakuan pelaku, aksi kejahatan ganjal ATM dilakukan seluruhnya di ATM Bank BRI. Karena berdasarkan pengakuan para pelaku yang bisa mudah diganjel itu mesin ATM-nya BRI, masih bisa dicongkel," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, saat ungkap kasus di Mapolrestro Bekasi Kota, Senin (31/12/2018).

Untuk itu Eka menghimbau kepada warga atau nasabah Bank agar selalui berhati-hati saat bertransaksi atau menggunakan ATM. Pada saat ingin mengambil uang atau melakukan transaksi agar ditutup menggunakan tangan ketika memasukkan nomor pin kartu ATM.

Barang bukti sejumlah kartu ATM BRI dihadirkan pada rilis kejahatan ganjal ATM di Mapolrestro Bekasi Kota, Senin (31/12/2018).
Barang bukti sejumlah kartu ATM BRI dihadirkan pada rilis kejahatan ganjal ATM di Mapolrestro Bekasi Kota, Senin (31/12/2018). (Warta Kota/Muhammad Azzam)

"Selalu hati-hati, kalau ada hal hal mencurigakan hubungi satpam dan lansung hubungi call center pihak Bank," ujarnya.

Ia menambahkan nasabah juga harus mewaspadai modus pencurian ganjal ATM ini ketika ATM-nya tertelan dengan mengecek lubang ATM dan jangan langsung meninggalkan mesin ATM begitu saja.

"Jadi saat tertelan langsung lapor satpam, jika tidak ada jangan kemana-mana hubungi pihak call Bank agar segera diblokir sehingga tidak bisa digunakan para pelaku kejahatan. Lebih baik ambil uang dilokasi yang ada satpam atau tempat ramai dan terbuka," paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Bekasi Kota berhasil meringkus empat pelaku kejahatan pengganjal ATM.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved