Pemkot Bekasi Anggarkan Rp 69 Miliar untuk SMA Negeri

Pemerintah Kota Bekasi menganggarkan Rp 69 miliar untuk membantu biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di SMA

Pemkot Bekasi Anggarkan Rp 69 Miliar untuk SMA Negeri
Warta Kota/Muhammad Azzam
Rahmat Effendi 

Pemerintah Kota Bekasi menganggarkan Rp 69 miliar untuk membantu biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di SMA Negeri pada tahun 2019.

Wali kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan langkah itu untuk mewujudkan program wajib belajar 12 tahun.

Pihaknya telah mengajukan perjanjian agar bisa terlibat dalam membantu pembiayaan sekolah SMA Negeri di Kota Bekasi.

"SMA Negeri ini kan wewenang Provinsi jadi kemarin kita ajukan perjanjian kerjasama. Alhamdulilah saya dengar gubernur memerintahkan kepada biro kerjasamanya membahas MoU tentang pendidikan. Semoga kita bisa mendapat bantuan biaya sehingga bisa patungan dengan Pemkot dalam meringankan pembiayaan SPP," katanya kepada Wartakota, Minggu (30/12/2018).

Rahmat menjelaskan Rp 69 miliar dan nanti bantuan tambahan dari Provinsi Jawa Barat tidak bisa sepenuhnya mengcover biaya SPP. Namun, bisa mengurangi beban biaya.

"Kita awalnya minta Pemprov bisa menggratiskan tapi belum memungkinkan realisasikan itu. Jadi kita patungan misal biaya SPP SMA Negeri Rp 250 ribu, nanti dari Provinsi Rp 150 ribu dan dari Pemkot Rp 50 ribu. Sisanya anak itu minta ke orang tuanya,” ujarnya.

Untuk sistem pemberian uang tersebut, Ia mengusulkan agar dana bantuan dari Pemprov dan Pemkot Bekasi nantinya langsung ditransfer ke rekening siswa.

"Nanti mekanisme pemberian bantuan pembiayaan itu dibahas lebih lanjut. Tapi yang jelas disini kita buktikan sudah menyediakan Rp69 miliar untuk pendidikan SMA, walaupun kita dibilang turbulensi defisit anggaran atau apalah itu, tapi pendidikan kita masih sediakan untuk 2019, mudah–mudahan itu full kerjasamanya," paparnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved