Problem Kemacetan Jadi Masalah Utama yang Harus Diatasi di Jakarta Utara

PR Pemerintah Kota Jakarta Utara harus bisa mengatasi kemacetan di Jakarta Utara yang lebih parah.

Problem Kemacetan Jadi Masalah Utama yang Harus Diatasi di Jakarta Utara
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi. Peti kemas yang dibawa truk trailer lepas dan menimpa dua kendaraan yang melaju dari arah sebaliknya di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, Jumat (13/4). 

Masalah kemacetan menjadi pemandangan yang biasa terjadi di di jalan-jalan utama wilayah Jakarta Utara.

Pemerintah Kota Jakarta Utara pun dituntut agar segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ketua Umum MD KAHMI Jakarta Utara, Jamron mengatakan, banyaknya trailer yang melintas di Jakarta Utara disinyalir menjadi penyebabnya.

Sehingga, Pemerintah Kota Jakarta Utara dianggap perlu mengambil tindakan tegas.

“PR Pemerintah Kota Jakarta Utara harus bisa mengatasi kemacetan di Jakarta Utara yang lebih parah. Kalau semua (truk trailer) bergerak, bisa dibayangkan jadi apa, semua kayak benang kusut,” ucapnya, Jumat (28/12/2018).

Menurut Jamron sudah saatnya ada manajemen transportasi terhadap truk trailer yang dianggap sebagai biang kemacetan. Truk trailer sudah seharusnya tidak melewati jalan arteri agar tidak menambah kemacetan.

“Harusnya lewat tol. Kita tanya ke pengelola ternyata jalan tolnya kemahalan. Jadi harus ada regulasi seperti apa, sudah ada jalan tol kenapa lewat bawah,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta. Kalangan masyarakat di Jakarta Utara minta kemacetan diatasi.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta. Kalangan masyarakat di Jakarta Utara minta kemacetan diatasi. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Sementara kehadiran truk trailer di jalan arteri tidak hanya mengakibatkan macet parah tapi juga kecelakaan.

Menurut Jamron, kecelakaan di Jakarta Utara banyak melibatkan truk trailer dan tidak sedikit di antaranya menelan korban jiwa.

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Utara Iyan Sopian Hadi mengatakan pihaknya menyambut baik masukan tersebut. Selanjutnya masukan itu akan dibawa ke tingkat kota dan provinsi.

“Saya kira apapun masukan terhadap pemda, tentunya harus disesuikan ketika ada usulan mana yang bisa secepatnya, mana yang harus dikoordinasikan ke tingkat provinsi dan itu sangat jelas kita respon baik,” ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved