Donald Trump juga Akan Tarik Pasukan AS dari Afghanistan, buat Taliban Natal Datang Lebih Awal

Tak hanya dari Suriah, Presiden AS Donald Trump juga akan menarik pasukan dari Afghanistan. Hal ini tentu saja akan menguntungkan Taliban.

Donald Trump juga Akan Tarik Pasukan AS dari Afghanistan, buat Taliban Natal Datang Lebih Awal
abcnews.go.com
PASUKAN Amerika Serikat di Afghanistan. 

SETELAH mengumumkan akan menarik pasukan AS dari Suriah, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga akan menarik pasukan dari Afghanistan. Tentu saja, hal ini dianggap bakal menguntungkan Taliban.

Dalam sebuah laporan yang dikutip AFP Jumat (21/12/2018), Trump mempertimbangkan untuk memulangkan lebih dari separuh serdadu AS di sana.

Langkah tersebut mengejutkan serta mengecewakan para diplomat asing serta pejabat AS yang bekerja keras mengakhiri konflik berusia 17 tahun tersebut.

Donald Trump Akan Tarik Pasukan dari Suriah, Menteri Pertahanan AS Pilih Mundur

Diduga, Rencana Donald Trump Tarik Pasukan AS di Suriah akibat Kasus Jamal Khashoggi

"Jika Anda Taliban, Natal 'datang lebih awal'," kata seorang pejabat asing yang menolak disebutkan namanya di ibu kota Afghanistan, Kabul.

"Jika Anda Taliban, apakah Anda bakal memikirkan gencatan senjata jika lawan utama Anda menarik seluruh pasukannya dari sini?" tanya pejabat itu.

Tidak dijelaskan apakah Utusan Khusus untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad maupun pihak pemerintah telah mengetahui rencana tersebut.

Juru bicara Presiden Ashraf Ghani menuturkan jika ada reaksi dari Kabul, maka dia bakal segera memberitahukannya kepada publik. 

Keputusan penarikan itu diduga terjadi setelah Khalilzad bertemu perwakilan Taliban di Abu Dhabi pekan ini, upaya untuk membawa Taliban bernegosiasi dengan pemerintah Afghanistan.

Dalam pertemuan itu, diyakini mereka membahas sejumlah isu, termasuk permintaan Taliban supaya pasukan asing ditarik dari Afghanistan.

"Sebuah keputusan sudah dibuat. Saya kira bakal terjadi penarikan yang signifikan di sini," kata seorang pejabat anonim AS.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved