Razia Narkoba

Petugas Sidak BNNP DKI ke Sekolah dan Tempat Hiburan Temukan Ratusan Pengguna Narkoba

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa 74 pelajar yang positif pengguna narkoba.

Petugas Sidak BNNP DKI ke Sekolah dan Tempat Hiburan Temukan Ratusan Pengguna Narkoba
Warta Kota/Feryanto Hadi
Konferesni pers terkait penyalahgunaan narkoba di Kantor BNNP DKI Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018). 

WARTA KOTA, KUNINGAN --- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa  74 pelajar yang positif pengguna narkoba.

Data tersebut berdasarkan pengawasan yang dilakukan BNNP DKI Jakarta ke sekolah di tingkat SMP, SMA dan SMK di lima wilayah DKI Jakarta , sepanjang tahun 2018.

Temuan tersebut diungkap oleh Kepala BNNP DKI Jakarta Brigjen Johny Latupeirissa saat merilis sejumlah temupan sleama kegiatan  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tahun 2018. 

Selain itu, kata Johny, aparatur sipil negara (ASN) juga terjaring razia P4GN dan positif menggunakan narkotika.

Razia Narkoba di Rusun Jatinegara Kaum, BNNP DKI Amankan 6 Orang Positif Sabu

"Kecenderungan pelajar untuk menyalahgunakan obat-obatan seperti Tramadol dan excimer. Ironisnya penyalahgunaan tersebut dilakukan pada saat akan melaksanakan tawuran pelajar," ucap Johny di Kantor BNNP DKI Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

Johny menambahkan, untuk mengelabui calon pecandu, para pengedar menyamarkan jenis narkoba ganja kepada pelajar dengan istilah rokok Jawa atau rokok herbal.

Peredaran narkoba di lingkungan sekolah, kata Johny, disebabkan beberapa faktor.

Secara umum, ada kegamangan pihak sekolah dalam menerapkan sangsi maksimal kepada pelajar terkait penyalahgunaan Narkoba.

Apalagi, kata Johny, belum ada payung hukum yang mengatur secara tegas di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Kemudian belum adanya kemandirian dari pihak sekolah untuk melanjutkan program P4GN yang telah dilakukan oleh BNNP DKI Jakarta sebelumnya," ujarnya.

Razia Narkoba, Enam Wanita Penghibur di Tamansari Dijaring Polisi

Sementara itu, Khrisna Anggara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP DKI Jakarta menambahkan, pihaknya juga menemukan sejumlah pegawai instansi pemerintah saat melakukan kunjungan mendadak dan tes urine di instansi tersebut.

"Kami melakukan tes urine di kementerian dan SKPD di Pemprov DKI dan kami temukan ada yang positif narkotika," katanya.

Jumlah pengguna narkotika terbanyak ditemukan ketika BNNP DKI menggelar sidak di sejumlah tempat seperti tempat hiburan malam maupun rumah kos.

"Di tempat hiburan malam kami menemukan 68 orang positif narkoba dan di kos-kosan sebanyak 52 orang yang positif," kata Khrisna Anggara.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved