Sekda Depok Sebut Mesti Ditelaah Tunggakan BPJS Kesehatan Warga Depok Rp94 Miliar

"Jadi mesti dilihat dulu, penyebabnya apa, terus, termasuk kelas berapa yang menunggak," kata Hardiono

Sekda Depok Sebut Mesti Ditelaah Tunggakan BPJS Kesehatan Warga Depok Rp94 Miliar
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok Irfan Qadarusman. 

Depok, Warta Kota -- Terkait besarnya tunggakan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) warga Depok, pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Depok sampai akhir 2018 ini yang mencapai Rp 94.522.520.381 atau sekitar Rp 94 Miliar, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono mengatakan mesti dilihat dan ditelaah dulu apa penyebabnya.

"Jadi mesti dilihat dulu, penyebabnya apa, terus, termasuk kelas berapa yang menunggak," kata Hardiono kepada Warta Kota, Rabu (19/12/2018).

Sehingga dari sana kata dia BPJS Kesehatan mesti dapat memetakan masalah dan menentukan solusinya.

"Yadi BPJS Kesehatan yang lebih tahu dan menentukan solusinya," kata Hardiono.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengungkapkan, pada 2018 ini Pemkot Depok sudah mengucurkan dana sebanyak Rp 4,6 Miliar dari APBD untuk menanggung pembayaran BPJS Kesehatan warga tak mampu sebanyak 67.934 orang atau yang disebut penerima bantuan iuran (PBI).

"Dananya kami ambil dari Pajak Rokok di Depok. Nantinya warga Depok yang terdaftar dalam BPJS PBI ini akan mendapatkan pelayanan di kelas 3," kata Novarita.

Novarita mengungkapkan, hingga saat ini, katanya BPJS Kesehatan Kota Depok telah bermitra dengan 129 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 32 Puskesmas, 84 Klinik Pratama, 11 Dokter Praktik Perorangan, dan 2 Dokter Praktik Gigi Perorangan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga bermitra dengan 26 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 18 Rumah Sakit dan 8 Klinik Utama, serta 16 Apotek dan 7 Optik di Depok

Seperti diketahui besaran tunggakan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) warga Depok pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Depok sampai akhir 2018 ini mencapai Rp 94.522.520.381 atau sekitar Rp 94 Miliar.

Jumlah itu merupakan tunggakan dari 204.078 orang warga Depok menunggak pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok Irfan Qadarusman saat berbincang dengan wartawan di Sukmajaya, Depok, Rabu (19/12/2018).

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved