PKL Pasar Baru Bekasi Tak Kunjung Ditertibkan, Kadisperindag: Tunggu Kesadaran Pedagang

"Kita sudah pasang spanduk besar berisi himbauan untuk PKL yang berada di Jalan Mohammad Yamin dan Jalan Ir Juanda, mulai 15 Desember 2018 direlokasi.

PKL Pasar Baru Bekasi Tak Kunjung Ditertibkan, Kadisperindag: Tunggu Kesadaran Pedagang
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Jalan Moch Yamin atau samping Pasar Baru. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Muhammad Azzam

WARTA KOTA, BEKASI -- Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Baru Bekasi belum juga ditertibkan.

Padahal, pada tanggal 15 Desember 2018 mereka sudah harus pindah ke relokasi ke Blok II, Pasar Baru.

Para PKL itu kebanyakan berjualan di Jalan Moch Yamin atau samping pasar. Jalan tersebut masuk zona merah bebas PKL karena jalan penghubung ke kawasan Duren Jaya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Bekasi Makbullah mengatakan, pihaknya dalam melakukan relokasi PKL dengan cara persuasif, selain agar tumbuh sendiri rasa kesadaran juga tidak ingin terjadi kekerasan.

Spanduk pengumuman untuk pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Jalan Moch Yamin atau samping Pasar Baru.
Spanduk pengumuman untuk pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Jalan Moch Yamin atau samping Pasar Baru. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

"Kita sudah pasang spanduk besar berisi himbauan untuk PKL yang berada di Jalan Mohammad Yamin dan Jalan Ir Juanda, mulai 15 Desember 2018 direlokasi. Ini sudah lewat masih tetap berjualan, kita akan informasikan kembali ke PKL terus, sembari kita pertimbangkan melakukan penertiban secara paksa," ungkapnya, Rabu (19/12/2018).

Makbullah menjelaskan setelah langkah persuasif dilakukan pihaknya akan melakukan penindakan tegas dengan dinas terkait yaitu Satpol PP.

"Nanti kalau berdasarkan pemantauan kita di lapangan masih seperti itu aja, kita akan tindaklanjuti dengan dinas terkait (Pol PP), ya seminggu inilah," ucapnya.

Ia menambahkan sudah ada 72 PKL yang mendaftar untuk direlokasi ke blok II Pasar Baru Bekasi.

"Mereka kita sudah data dan siapkan lapaknya. Lapak kita siapkan dan mampu menampung semua PKL itu. PKL yang belum daftar segera mendaftar, karena lokasi ini pasti kita bersihkan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Bekasi Cecep Suharlan mengatakan, pihaknya dalam hal ini mengikuti permintaan dari dinas terkait perihal penertiban PKL pasar Baru yang madih mengedepankan metode persuasif.

"Kita sifatnya ikut permintaan dari Indag (Disperindag) atau pengelola pasar aja, kalau Pol PP sehari juga bisa lakukan eksekusi, kita angkut kalau PKL yang masih membadel," paparnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved