Pembangunan Jalan Akses Fly Over UI Asal-asalan, Kadis PUPR Depok Periksa Pejabat Terkait

Sebelum pengaspalan dilakukan, idealnya ruas jalan mesti disiram dengan lapisan resap pengikat berupa aspal cair secara menyeluruh.

Pembangunan Jalan Akses Fly Over UI Asal-asalan, Kadis PUPR Depok Periksa Pejabat Terkait
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pengerjaan pembangunan dan pelebaran Jalan akses fly over Universitas Indonesia (FO UI) oleh Pemkot Depok senilai Rp 2,8 miliar yang diduga asal jadi. 

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto Jorghi menuturkan, pihaknya masih akan mengonfirmasi dahulu kepada konsultan supervisi terkait pengerjaan pembangunan dan pelebaran Jalan Akses Fly Over (FO) Universitas Indonesia (UI), Depok senilai Rp 2,8 miliar, yang diduga dikerjakan asal-asalan atau asal jadi.

Pembangunan dan pelebaran jalan ini menggunakan dana angaran yang dikucurkan dari dana bantuan keuangan Pemprov DKI.

"Jadi akan saya konfirmasi dulu kepada Konsultan Supervisi terkait pengerjaan yang diduga asal jadi, benar atau tidaknya," kata Manto, kepada Warta Kota, Rabu (19/12/2018).

Mengenai kanstin jalan atau beton cetak untuk sisi jalan yang menggunakan material bekas pakai, menurut Manto hal itu sudah sesuai spesifikasi yang ditentukan.

"Terkait kanstin, memang dalam RAB-nya tidak dianggarkan untuk yang baru. Mengingat kanstin lama masih dalam kondisi baik. Intinya saya sedang konfirmasi dan periksa pejabat pembuat komitmen atau PPK serta pejabat pelaksana teknis kegiatannya," kata Manto.

Seperti diketahui, pengerjaan pembangunan dan pelebaran Jalan Akses FO UI Depok, yang dilakukan Pemkot Depok dan memasuki tahap pengaspalan dengan hotmix, Selasa (18/12/2018) dinihari, dilakukan asal-asalan atau asal jadi.

Padahal, dana angaran yang dikucurkan dari dana bantuan keuangan Pemprov DKI untuk proyek ini cukup besar, yakni senilai Rp 2,8 miliar.

Bahkan untuk kanstin jalan dari arah Pos Polisi Akses FO UI ke arah Kelapa Dua, seluruhnya tampak menggunakan material bekas dan bukan material baru.

Pantauan Warta Kota, Selasa dinihari, pengaspalan dengan hotmix mulai dilakukan di ruas jalan sepanjang sekitar 100 meter dari Pos Polisi FO UI sampai ke ujung Jalan Margonda, arah ke Depok.

Sebelum pengaspalan dilakukan, idealnya ruas jalan mesti disiram dengan lapisan resap pengikat berupa aspal cair secara menyeluruh di ruas jalan yang akan diaspal.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved