Memakai Konsep ATM, Alter Masahengke Bikin Sambal Roa Berbahan Ikan Lele

Memakai Konsep ATM, Alter Masahengke Bersama Istrinya Bikin Sambal Roa Berbahan Ikan Lele.

Memakai Konsep ATM, Alter Masahengke Bikin Sambal Roa Berbahan Ikan Lele
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Sambal khas asal Manado, Sulawesi Utara adalah sambal berbahan ikan roa yang telah diasapkan. Oleh pasangan suami istri Alter Masahengke (47) dan Wiwien Christanti Akwan (46) ikan roa diganti dengan ikan lele. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Sambal khas asal Manado, Sulawesi Utara adalah sambal berbahan ikan roa yang telah diasapkan.

Oleh pasangan suami istri Alter Masahengke (47) dan Wiwien Christanti Akwan (46) ikan roa diganti dengan ikan lele.

Hasilnya, mereka memproduksi sambal tersebut dengan sebutan Sambal B'LEHE.

"Saya berpikir bisa nggak (ikan roa) diganti dengan ikan yang lain. Dalam benak saya, inovasinya bagaimana roa yang sudah hebat itu, dalam tanda kutip bisa dikalahkan, itu saja," kata Alter didampingi istrinya saat ditemui Warta Kota di kediamannya sekaligus tempat usahanya di Perumahan Serua Permai, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Pria asal Sangir Talaud itu, menuturkan bahan pengganti ikan roa tersebut tercetus saat melihat produksi lele yang telah diasapkan.

"Nah, ini dia barang yang saya cari. Saya beli, pulang ke rumah saya bilang ke istri saya, coba bikin sambal roa, tapi bahannya dari ikan lele asap ini," ujarnya.

Singkat cerita, dengan panduan resep membuat ikan roa dari YouTube, Alter dan istrinya pun berkreasi membuat sambal roa dengan bahan lele asap.

"Dengan langkah istilahnya ATM: amati, tiru, dan modifikasi, kami coba buat. Dia meracik bumbunya, ikan (lele) asapnya saya suwir-suwir. Kenapa harus lele asap? Justru itu yang buat aromanya sedap seperti ikan roa. Kalau lele biasa kan sama saja makan pecel lele," katanya.

Alter mengatakan, kandungan gizi lele tak kalah dengan roa. Ikan lele asap pun mudah didapat.

Setelah dirasa sambal lele racikan pas cita rasanya, mereka pun memberi sampel kepada banyak orang untuk dicicipi. Hasilnya, tidak sedikit yang `terkecoh' karena mengira sambal roa, padahal sambal lele.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved