Pilpres 2019

Debat Capres-Cawapres Kemungkinan Digelar di Jakarta dan Surabaya, Aceh dan Papua Dicoret

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat persiapan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019.

Debat Capres-Cawapres Kemungkinan Digelar di Jakarta dan Surabaya, Aceh dan Papua Dicoret
ISTIMEWA
Pemilu 2019 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat persiapan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019. Rapat digelar di ruang sidang utama lantai 2, KPU, Rabu (19/12/2018).

Pada kesempatan itu, penyelenggara pemilu tersebut mengundang tim kampanye nasional pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan nomor urut 02.

Berdasarkan pemantauan, Arya Bima mewakili tim kampanye nasional paslon capres-cawapres nomor urut 01. Sedangkan Priyo Budi Santoso dan Fery Mursidan Baldan mewakili tim kampanye nasional pasangan capres-cawapres nomor urut 02.

KPU Gelar Debat Kandidat Pilpres 2109 Setiap Tanggal 17, Kecuali di Akhir Maret dan April

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, rapat ini membahas sejumlah hal teknis mengenai penyelenggaraan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019.

Waktu penyelenggaraan debat akan dilakukan pada 17 Januari 2019, 17 Februari 2017, 17 Maret 2019, 30 Maret 2019, dan 13 April 2019. Sedangkan lokasi debat kemungkinan digelar di Jakarta dan Surabaya.

"Tentang tempat, karena kemarin KPU masih Jakarta dan Surabaya. Tetapi, masing-masing tim berharap bisa di Surabaya. Kemudian waktu tanggal-tanggal sudah disebut," kata Arief Budiman di ruang sidang utama lantai 2, KPU, Rabu (19/12/2018).

Pelatih Persija Larang Ismed Sofyan Pensiun

Dia menjelaskan, pihaknya mengusulkan debat dilangsungkan empat kali di Jakarta dan satu kali di Surabaya. Pemilihan Kota Surabaya dilakukan, supaya suasana pemilu tak hanya dirasakan di ibu kota negara.

Semula ada usulan di Aceh dan Papua, namun, kata dia, dua kota itu ditolak dengan sejumlah pertimbangan, di antaranya memakan biaya cukup besar.

Untuk itu, melalui rapat dengan tim kampanye nasional, diharapkan dapat menemukan lokasi yang tepat menggelar debat kandidat.

Jokowi: Kebudayaan Itu Kegembiraan

"Tempat harus disepakati semua hari ini. Kalau semua bisa diselesaikan hari ini kan selesai. Tetapi setidaknya hari ini untuk persiapan tanggal 17 sudah selesai, kalau hari ini tidak selesai lama lagi," tuturya.

Selain membahas tempat penyelenggaraan debat, rapat ini juga membahas hal lainnya mengenai panelis dan moderator debat, konsep debat, dan tema debat. (*)

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved