NHIS Korea Selatan akan Berkunjung ke RS Harapan Kita

Rombongan NHIS Korea Selatan ada beberapa tempat yang dikunjungi selama satu minggu berada di Jakarta.

NHIS Korea Selatan akan Berkunjung ke RS Harapan Kita
Istimewa
RS Harapan Kita 

Puskesmas Kecamatan Koja, Jakarta Utara menjadi satu dari sekian tempat yang akan dikunjungi rombongan National Health Insurance Service (NHIS) Korea Selatan selama satu minggu ke depan.

Salah satunya adalah RS Harapan Kita.

Peneliti Pratama Kedeputian Riset dan Pengembangan BPJS Kesehatan, Sekarnira Andikashwari mengatakan, rombongan NHIS Korea Selatan ada beberapa tempat yang dikunjungi, selama satu minggu berada di Jakarta.

“Hari ini kita berkunjung di faskes tingkat pertama di Puskesmas Kecamatan Koja dan di Klinik Syifa,” kata Sekarnira, Selasa (18/12).

“Besok, kita akan berkunjung ke RS Jantung Harapan Kita dan ke RS Pelni. Hari Kamis kita bertemu dengan perwakilan peserta perwakilan perusahaan untuk menggali, mendapatkan aspirasi dari mereka,” sambungnya.

Mengenai pemilihan tempat, Sekarnira mengatakan, keputusan itu berada di BPJS Kesehatan Wilayah Jabodetabek.

Namun demikian, tempat-tempat yang dikunjungi dianggap menggambarkan pelayanan yang ada, selama ini.

“Jadi ada permintaan dari pihak Korea untuk berkunjung ke private dan public, faskes pemerintah dan swasta. Yang pasti yang bisa menggambarkan pelayanan secara utuh yang memang pelayanannya ada semua di situ,” katanya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr. Lysbeth Regina Panjaitan mengaku bangga dengan kedatangan rombongan NHIS Korea Selatan.

Apalagi kunjungan dari luar negeri semacam ini adalah yang pertama kalinya di Puskesmas Kecamatan Koja.

“Kesannya, yang pertama bangga sebagai puskesmas terpilih untuk jadi pusat pembelajaran yang ditunjuk BPJS Kesehatan. Dan jedua mereka banyak diskusi, tanya detail pelaksanaan BPJS, pembayarannya terutama,” katanya.

Sekadar informasi ada sekitar 750-1.000 orang yang berobat di Puskesmas Kecamatan Koja di mana 93,39 persen di antaranya merupakan peserta BPJS Kesehatan.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved