Bisnis

Warga Cipete Utara Diajari Cara Sukses Berbisnis Online

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menggelorakan semangat masyarakat dalam membuka usaha maupun upaya peningkatan kemampuan berwirausaha.

Warga Cipete Utara Diajari Cara Sukses Berbisnis Online
Warta Kota
Warga Cipete Utara Sukses Berbisnis Online. 

Puluhan anggota Karang Taruna, anggota PKK dan pegiat ekonomi di Kelurahan Cipete Utara mendapatkan pelatihan wirausaha digital di RPTRA Taman Sawo, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (15/12/2018) petang.

Warga Cipete Utara Sukses Berbisnis Online.
Warga Cipete Utara Sukses Berbisnis Online. (Warta Kota)

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menggelorakan semangat masyarakat dalam membuka usaha maupun upaya peningkatan kemampuan berwirausaha.

Dalam seminar bertema “Peluang Bisnis memanfaatkan Internet di era Industri 4.0" tersebut, mendatangkan sejumlah motivator kenamaan seperti Udet Aidil Neo yang merupakan seorang musisi rap dan pegiat online marketing. Kemudian Kojek Rap Betawi selaku ada penyiar radio, musisi rap, pegiat medsos dan budayaaan Betawi. Terakhir, ada Djunaedy Hermawanto selaku CEO AtoZ Pay.

Udet Aidil dalam pemaparannya menyerukan pentingnya memanfaatkan internet serta media sosial secara positif yakni dengan menggunakannya untuk berbisnis ketimbang turut larut dalam hal-hal tidak berguna apalagi turut menyebarkan berita-berita bohong.

"Internet dan medsos juga bisa menjadi tempat usaha atau toko bagi usaha kita. Kita bisa berbisnis online. Salah satu teknik dagang online yang efektif melalui what's Up. Caranya posting aja barang dagangan di profile what's up dengan memberikan penjelasan yang menarik," ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu syarat utama dalam berbisnis online adalah sikap konsisten. Ia mencontohkan banyak pelaku usaha dagang online yang sukses lantaran ia ulet dan sabar dalam menawarkan dagangannya.

"Tidak ada usaha yang instan. Semuanya butuh kerja keras. Karena dagang di online, kita dituntut untuk ulet dan jangan mudah putus asa," imbuhnya.

Sementara itu, Kojek Rap Betawi membagi ilmu soal branding. Menurutnya, dalam menawarkan suatu produk di internet dan media sosial, semestinya dilakukan dengan serius dan kreatif.

"Pelajari bagaimana cara memotret barang agar menarik ketika diposting. Jangan lupa juga bikin caption yang membuat orang penasaran dan akhirnya tertarik untuk membeli. Tapi, tidak kalah penting, kita harus jujur dalam menawarkan produk untuk menjaga kepercayaan pembeli," kata dia.

Lurah Cipete Utara Moh Yohan, mengungkapkan, seminar tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam acara Gebyar PKK yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh tiap tanggal 22 Desember 2018.

Yohan menjelaskan, Gebyar PKK juga dimeriahkan dengan sepuluh perlombaan di antaranya lomba mewarnai, senam, Bazar UP2K, Kinerja Bank Sampah dan lomba pangan non tepung.

"Sebelumnya pada 5 Desember lalu lomba qasidah sudah terlebih dahulu digelar," tutur Yohan.

Selain itu, digelar pula bazaar sembako murah sebanyak 300 paket seharga Rp 50 ribu, dan akan dijual dengan seharga Rp 20 ribu. "Hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan Amal lainnya juga di Cipete Utara," ucapnya

Ketua TP PKK Jakarta Selatan, Komariah Marullah mengapresiasi digelarnya senimar dalam rangka meningkatkan pengetahuan anggota PKK untuk berkiprah lebih baik lagi.

"Acara nya bagus semoga tahun depan bisa diadakan lagi dan bisa ditiru Kelurahan lain untuk melaksanakan Gebyar PKK Kelurahan," ujar Komariah.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved