Usai Tertibkan PKL, Pemkab Bekasi Bakal Tertibkan Parkir Liar di Sentral Grosir Cikarang

Pemerintah Kabupaten Bekasi kian serius melakukan penataan Sentral Grosir Cikarang (SGC) agar tidak semrawut.

Usai Tertibkan PKL, Pemkab Bekasi Bakal Tertibkan Parkir Liar di Sentral Grosir Cikarang
Warta Kota/Muhammad Azzam
Sejumlah petugas mengakut lapak PKL ke dalam truk. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten Bekasi kian serius melakukan penataan Sentral Grosir Cikarang (SGC) agar tidak semrawut.

Setelah sebelumnya telah melakukan penertiban kepada Pedagang Kaki Lima (PKL), pihaknya akan melakukan penataan kepada sejumlah parkir liar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yana Suyatna mengatakan akan melakukan penataan terhadap lokasi parkir di Jalan Kapten Soemantri seputaran SGC yang kondisinya cukup semrawut.

"Kita ingin pembenahan SGC itu menyeluruh selain PKL persoalan parkir juga. Banyak pengendara yang parkir kendaraan di setiap pertokoan yang berada di muka jalan," katanya kepada Wartakota, Senin (17/12/2018).

Untuk menertibkan itu, kata Yana pihaknya sedang mempersiapkan pengajuan pembuatan Peraturan Bupati soal larangan parkir maupun lokasi parkir resmi. Sehingga jika ada yang melanggar bisa dilakukan penindakan karen memiliki perangkat hukum yang kuat.

"Ini sedang ditinjau dan survei dulu kalau misalkan ada parkir di badan jalan kita akan pemasangan rambu dilarang berhenti, kalau dibahu jalan jika itu menjadi titik dilarang parkir akan kita tertibkan. Mangkanya kita sedang konsultasi dan tunggu keputusan Bupati," ucapnya.

Ia mengungkapkan untuk penataan parkir, saat ini tengah digodok dan dibahas Peraturan Daerah (Perda) tentang Perparkiran diantaranya penetapan retribusi, pemberian sanksi, dan lainnya.

"Setelah perda perparkiran keluar kita bisa laksanakan penataan dan eksekusi. Parkir liar yang bikin macet dan semrawut itu," ucapnya.

Ia menambahkan selama ini kondisi parkir dikawasan tersebut bisa sampai tiga lapis kendaraan sehingga memakan banyak jalan.

"Ya itu ada 3 lapis yang parkir sehingga bikin macet. Ada juga toko yang tidak punya lahan parkir jadi pembeli parkir dipinggir jalan depan toko, kita akan minta stakeholder lain bisa memberikan peringatakan ke toko-toko itu, toko wajib menyediakan lahan parkir," paparnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved