Sudah Ngopi? Ini Tujuh Manfaat Kopi bagi Kesehatan Anda

MENGONSUMSI kopi sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi kopi hitam.

Sudah Ngopi? Ini Tujuh Manfaat Kopi bagi Kesehatan Anda
KOMPAS.COM / SHUTTERSTOCK
Kopi 

MENGONSUMSI kopi sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi kopi hitam. Sebagai negara yang kaya akan ragam kopi, membuat masyarakat Indonesia mencintai minuman ini.

Kopi pun dijual beragam di Indonesia, dari mulai kopi kemasan, kopi instan, hingga kopi dengan harga fantastis yang dijual di kedai kopi mewah.

Malahan, tak jarang kopi disebut-sebut menjadi gaya hidup masyarakat di kota. Menghabiskan waktu bersama teman, keluarga atau hanya sekadar meeting dengan klien, bisa diselingi dengan ngopi bareng.

Ditjen Dukcapil Kemendagri Bongkar Penjualan Blangko KTP Elektronik Secara Online

Namun, tahukah Anda bahwa kopi hitam memiliki manfaat tersendiri di balik cita rasanya yang nikmat? Dikutip dari akun Twitter Kementerian Pertanian, berikut ini manfaat kopi hitam bagi kesehatan:

1. Mencegah depresi

Anda mengalami stres saat bekerja? Atau mungkin suntuk dengan kegiatan Anda? Mengonsumsi kopi secangkir setiap hari dinilai dapat membantu seseorang untuk mengurangi tingkat stres. Aroma kopi yang keluar ketika diseduh menjadikan Anda lebih rileks.

2. Memperlancar metabolisme tubuh

Mengonsumsi kopi hitam dinilai bisa memperlancar metabolisme tubuh. Namun, ada baiknya hindari kopi hitam instan, melainkan konsumsilah kopi hitam yang murni dihaluskan dari biji kopi. Hal ini untuk menghindari bahan kimia yang tercampur dalam kemasan kopi instan.

3. Meningkatkan daya ingat

Dikutip dari akun Twitter Kementerian Pertanian, kopi hitam diakui dapat meningkatkan daya ingat. Kandungan kafein pada kopi ternyata dapat meningkatkan daya ingat bagi Anda pencinta kopi.

Halaman
12
Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved