Warga Minta Pemkot Bekasi Segera Perbaiki Tanggul Jebol di Kali Perumahan Cahaya Kemang Permai

WARGA Perumahan Cahaya Kemang Permai, RW 04 Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, meminta agar tanggul Kali yang jebol segera diperbaiki.

Warga Minta Pemkot Bekasi Segera Perbaiki Tanggul Jebol di Kali Perumahan Cahaya Kemang Permai
Muhammad Azzam
Tanggul jebol di Jalan Sedap Malam, Perumahan Cahaya Kemang Permai, RW 04 Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih. 

WARGA Perumahan Cahaya Kemang Permai, RW 04 Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, meminta agar tanggul Kali yang jebol segera diperbaiki.

Tanggul itu jebol saat hujan deras, pada Kamis (13/12/2018) malam.

"Saya minta pemerintah setempat segera memperbaiki tanggul itu. Rumah saya ini dekat tanggul jebol. Harus cepat ditangani itu, ngeri kalau hujan turun lagi. Bisa banjirnya lebih dalam, arusnya deras bangat, belum lagi lumpur nya ini," ujar Sri (45) warga setempat yang rumahnya berada di dekat tanggul jobol, saat berbincang dengan Wartakota, Jumat (14/12/2018).

Sri menjelaskan tanggul jebol sekitar pukul 08.00 malam saat hujan deras.

"Kemarin jebolnya ya sekitar jam 8-9 malam. Kali tanggulnya engga kuat nahan air jadi jebol," katanya.

Warga lainnya, Jasmun yang rumahnya tepat berada didepan tanggul jebol itu mengungkapkan tanggul jebol itu harus segera ditangani. Ia khawatir hujan akan kembali turun hari sehingga menyebabkan rumah akan dilanda banjir parah dengan arus air yang deras.

"Harus cepat diperbaiki, kalau hujan pasti parah bangat ini. Hari ini harus ditangani," tegasnya.

Sementara Ketua RW 04 Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Azhar Yakub mengatakan akibat tanggul jebol, tiga RT terendam banjir setinggi 70-100 cm.

"RT 01, 02, 03 kena dampak banjir, ketinggian sekitar 70-100 cm. Panjang tanggul jeobol sekitar 15 meter," ucapnya.

Ia menamabahkan sejak tahun 1996 tanggul itu belum pernah jebol. Tanggul itu sudah dua kali ditinggikan agar air Kali tidak meluap.

"Ini memang kerap banjir, kita tinggikan tanggul sampai 2 meter. Setelah ditinggikan luapan air tidak parah ya sekitar 30 cm saja. Tapi pas jebol ini jadi lebih tinggi," jelasnya.

Azhar telah melaporkan tanggul jebol ini ke pihak Kecamatan dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air agar segera diperbaiki.

"Itu kan tanggul jebol 15 meter, kita minta perbaiki sampai 50 meter soal sudah rawan jebol juga," paparnya.

Pantauan Wartakota, tanggul jebol itu terjadi di Jalan Sedap Malam. Tembok tanggul itu berserakan di pinggir jalan tersebut. Bahkan aspal jalan pun ikut terkelupas akibat tergerus air deras saat tanggul jebol. Sisa-sisa lumpur juga masih ada disekitar tanggul jebol itu.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved