Tol Trans Jawa

Tinggal Diresmikan, Natal dan Tahun Baru Ruas Tol Salatiga-Kartasura Beroperasi 24 Jam

JALAN Tol Trans Jawa ruas Tol Salatiga-Kartasura akan beroperasi penuh selama 24 jam selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Tinggal Diresmikan, Natal dan Tahun Baru Ruas Tol Salatiga-Kartasura Beroperasi 24 Jam
Kompas.com/Labib Zamani
DAVID Wijayatno, Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018). 

JALAN Tol Trans Jawa ruas Tol Salatiga-Kartasura akan beroperasi penuh selama 24 jam selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Ruas Tol Salatiga-Kartasura yang menjadi bagian dari Tol Semarang-Solo ini tinggal menunggu sertifikat laik operasi (SLO) dari pemerintah.

"Insya Allah tanggal 20 atau 21 Desember itu sudah bisa diresmikan. Karena masih menunggu kepastian dari pusat (Kementerian PUPR) kapan waktunya diresmikannya," kata Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi David Wijayatno di Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).

Selain Gerbang Tol Salatiga, Ini Jembatan Kalikuto yang Tak Kalah Instagramable di Tol Trans Jawa

Desember 2018, Ruas Tol Salatiga-Kartasura Sudah Bisa Dilintasi

Pihaknya optimistis, sebelum libur Natal dan Tahun Baru ruas Salatiga-Kartasura sudah bisa diresmikan.

"Kami ada lima operator tol yang terintegrasi transaksinya mulai dari Semarang sampai Surabaya. Sehingga dari Surabaya nge-tap di pintu masuk. Kemudian nanti nge-tap keduanya di Surabaya. Jadi sekali transaksi saja," jelas David.

David memprediksi, jumlah kendaraan yang melewati Tol Salatiga-Ngawi selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan meningkat hingga 50-60 persen atau mencapai 13.000 kendaraan per hari.

"Hari biasa jumlah kendaraan yang melintas Jalan Tol Solo-Ngawi rata-rata 7.000 - 9.000 kendaraan per hari. Kalau Nataru kami prediksi sampai 13.000 kendaraan per hari," katanya.

David juga mengatakan telah menyiapkan sarana dan prasarana, seperti mobil ambulans, mobil derek, dan patroli jalan raya guna mendukung kelancaran selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Kami juga tempatkan kios BBM di setiap rest area jalan tol untuk mempermudah pengguna jalan mengisi BBM kendaraannya," imbuh dia. (Kontributor Solo, Labib Zamani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Natal dan Tahun Baru, Jalan Tol Ruas Salatiga-Kartasura Beroperasi 24 Jam"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved