Survei Sebut 25 Persen Warga Banten Belum Tau Pemilu Serentak

survei Media Survei Indonesia (MSI) di Provinsi Banten, sebanyak seperempat masyarakatnya belum mengetahui tentang Pemilihan Presiden

Survei Sebut 25 Persen Warga Banten Belum Tau Pemilu Serentak
Warta Kota
(Kanan-Kiri) Direktur MSI Asep Rohmatullah, Tim Koalisi Pemenangan Prabowo-Sandi Banten Ali Taher, Wakil Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Banten Wawan Irawan, dan Pengamat Politik UIN Adi Prayitno. 

Berdasarkan hasil survei Media Survei Indonesia (MSI) di Provinsi Banten, sebanyak seperempat masyarakatnya belum mengetahui tentang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Data hasil survei tersebut disampaikan oleh Direktur MSI, Asep Rohmatullah di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Kami (13/12/2018).

"Data menariknya adalah, ternyata baru 73,3% masyarakat yang tahu akan ada Pemilu serentak baik Pileg atau Pilpres," kata Asep sambil menunjukkan data yang sudah timnya kumpulkan.

"Jadi masih ada seperempat yang belum tahu akan ada Pilpres atau Pileg," lanjutnya.

Dari hasil survei MSI itu, terdapat sekitar 26,7% masyarakat Banten yang belum mengetahui pasti tentang pesta demokrasi lima tahunan itu.

Temuan MSI lainnya adalah masih banyaknya masyarakat di "Tanah Jawara" ini yang belum paham tentang warna pada surat suara.

Hanya 38,1% masyarakat yang tahu tentang kertas suara yang menggunakan warna yang berbeda.

"Artinya apa, masyarakat Banten itu 60 persennya itu tahunya kertasnya sama, ngga ada warna merah, biru, hijau dan seterusnya," terang Asep.

Dari 38,1% itu, hanya ada 26,5% yang dapat menyebutkan warna pada masing-masing kertas suara. Sedangkan 53,4% tidak tahu dan 20,1% salah menjawab.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved