Pola Makan Menentukan Status Kesehatan, Sehat Berawal dari Isi Piringku

Pola Makan Menentukan Status Kesehatan, Sehat Berawal dari Isi Piringku

Pola Makan Menentukan Status Kesehatan, Sehat Berawal dari Isi Piringku
Getty-Kontributor
Pola makan seimbang, karbohidrat, protein, lemak, dan serat. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Zat-zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi membawa pengaruh terhadap sistem tubuh.

Maka tidak salah bila dikatakan bahwa pola makan menentukan status kesehatan seseorang.

Makan bukan untuk sekadar kenyang, tetapi perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, masyarakat hendaknya memahami pedoman gizi seimbang yang saat ini disebut dengan istilah isi piringku.

Dalam satu porsi sajian, sayur-sayuran dan buah-buahan hendaknya memiliki porsi separuh bagian piring setiap makan.

Separuh bagian priring lainnya diisi dengan makanan pokok sumber karbohidrat dan lauk-pauk yang banyak mengandung protein.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI terus menerus mengkampanyekan 'Isi Piringku' agar diketahui dan dipahami, sehingga masyarakat dapat membiasakan diri berpola makan yang tepat agar sehat.

"Seperti diketahui, saat ini Indonesia tengah menghadapi beban ganda masalah gizi. Di satu sisi menghadapi masalah undernutrisi (gizi kurang, pendek atau stunting, dan kurus), namun di sisi lain juga dihadapkan pada masalah obesitas (kegemukan)," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek beberapa waktu lalu.

Untuk itu, kecukupan dan kesinambungan asupan gizi sejak masa kehamilan, usia bayi dan anak merupakan hal yang sangat penting dan sangat ditekankan ketersediaannya.

Nila mengatakan, sosialisasi Isi Piringku sangat penting sebagai upaya mencapai hidup sehat. Karena pola makan yang tidak sehat dapat mengundang berbagai penyakit.

Karena itu, masyarakat harus mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Tentunya didukung pula dengan gaya hidup aktif.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved