Literasi Keuangan Wanita Masih Rendah, Prudential Beri Pelatihan

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan, kurang dari 30 persen orang Indonesia yang melek keuangan.

Literasi Keuangan Wanita Masih Rendah, Prudential Beri Pelatihan
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Pelatihan Literasi Untuk Wanita oleh Prudential di Gedung Dharma Wanita, Selasa (11/12/2018). 

BERDASARKAN Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kurang dari 30 persen orang Indonesia yang melek keuangan.

Artinya, tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap berbagai produk dan jasa keuangan masih cukup rendah.

Melalul survel tersebut juga terungkap bahwa tingkat literasi keuangan perempuan (25,5 persen) Iebih rendah dibandingkan pria (33,2 persen).

Hal ini membuat perempuan Iebih berisiko terkena dampak dari berbagai lsu sosial seperti kejutan finansial tak terduga serta kesenjangan sosial.

Padahal seorang perempuan di rumah seringkali menjadi 'ahli keuangan' yang mengatur pemasukan dan pengeluaran keluarga agar bisa lebih efisien.

Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas Tarihoran mengatakan, orang punya mobil dan tahu kenapa harus punya mobil dan ada biaya-biayanya hanya 29 persen.

"Serta paham produk jasa keuangan termasuk asuransi, tingkat pemahamannya serta kewajiban-kewajibannya masih rendah," ujar Horas Tarihoran kepada wartawan di acara Pelatihan Literasi Untuk Wanita oleh Prudential di Gedung Dharma Wanita, Selasa (11/12/2018).

Lima kota

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengungkapkan, perempuan memegang peranan penting terhadap kemajuan dan penumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang.

Hal itulah yang mendorong dilakukan pelatihan literasi terhadap 2.500 perempuan pada tahun 2018 di lima kota, yakni Manado, Ambon, Sorong, Malang, dan Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved